SKRIPSI PAI
Kompetensi Guru MI Kuripan Kidul Kota Pekalongan
Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Guru yang memenuhi standar adalah guru yang memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan dan memahami benar apa yang harus dilakukan baik ketika di dalam maupun di luar kelas. Standar kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik dalam PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 28, Ayat 3 dan UU No. 14 Tahun 2005 Pasal 10, Ayat 1 menyatakan Kompetensi pendidik sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan usia dini meliputi : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi sosial. MI Kuripan Kidul adalah salah satu sekolah yang meraih nilai UN tertinggi di Kota Pekalongan beberapa tahun ini. Di samping itu di bidang akademik dan dibidang non akademik, sering menjuarai lomba-lomba di Kota Pekalongan dan mewakili ke tingkat provinsi jawa tengah. Salah satu faktor yang mendukung dalam peningkatan mutu sekolah adalah faktor kompetensi yang dimiliki tenaga pendidiknya, yaitu : Kompetensi Pedagogik (mampu mengelola kelas dengan baik), Kompetensi Kepribadian (kepribadian yang dimilikinya dapat dijadikan tauladan), Kompetensi Profesional (dalam hal ini guru yang sudah sertifikasi bari 2 guru saja), dan Kompetensi Sosial (kerjasama antar wali murid dan masyarakt sanagt baik).
Berdasarkan latar belakang diatas, ada permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana kompetensi guru MI Kuripan Kidul Kota Pekalongan?. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut : bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru di MI Kuripan Kidul Kota Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum kompetensi guru MI Kuripan Kidul ini sudah baik. Hal ini terbukti dengan banyak tenaga pendidik yang semuanya sudah sarjana ( S1 ). Faktor lain yang menjadi bukti adalah kompetensi yang dimilki guru MI Kuripan Kidul ini sebagai berikut : (1) Kompetensi Pedagogik : Guru MI Kuripan Kidul ini dalam mengelola kelas ketika mangajar dapat dikatakan baik, karena ketika KBM berlangsung paserta didik dapat belajar dengan tenang tanpa ada gangguan dari teman yang lainnya. (2) Kompetensi Kepribadian : Kompetensi Kepribadian yang dimiliki guru MI Kuripan Kidul ini dapat dikatakan cukup baik, karena para gurunya entah di sekolah/ di luar sekolah mereka selalu bersikap ramah dan juga peserta didik yang lulusan dari MI Kuripan Kidul ini jika berada di luar sekolah dan bertemu dengan salah satu gurunya mereka selalu memberi salam dan berjabat tangan. (3) Kompetensi Profesional : Untuk Kompetensi Profesional yang dimiliki guru MI Kuripan Kidul ini cukup baik, karena standar keprofesionalan seorang guru adalah lulus uji sertifikasi. Sedangkan di MI Kuripan Kidul ini yang sudah lulus sertifikasi baru ada 2 guru saja dari 11 guru yang ada di MI Kuripan Kidul ini. (4) Kompetensi sosial : Kompetensi Sosial yang dimiliki guru MI Kuripan Kidul ini sudah baik, para guru dalam menghadapi wali murid sangat ramah dan bermasyarakat. Kerjasama dengan sesama guru dan masyarakat sekitar pun sanagt baik. Sehingga MI Kuripan Kidul ini dapat dipercaya oleh masyarakat dalam pendidikan anaknya.
17SK1721224.00 | SK PAI 17.224 ILA k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain