SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Metode Menghafal Al Quran Bagi Anak Yatim di Pondok Pesantren Darul Quran Wa Darul Aitam Masjid Agung Darul Muttaqin Kelurahan Kauman Kecamatan Batang
Pelaksanaan pendidikan Al-Qur’an khususnya bagi anak yatim membutuhkan metode dalam mencapai pembelajaran yang efektif. Salah satunya yaitu metode menghafal Al-Qur’an. Metode sima’-an Al-Qur’an sebagai salah satu cara mematangkan hafalan di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Batang. Metode ini dilakukan tiap malam Jum’at dilaksanakan di Masjid Agung Darul Muttaqin Batang dan disaksikan oleh masyarakat umum. Santri-santrinya mempunyai berbagai latar belakang yang berbeda, tetapi tidak menjadikan penghalang dalam menghafal Al-Qur’an. Dalam penelitian ini pastinya banyak hal menarik untuk diteliti dari pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an, faktor pendukung dan penghambatnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Kelurahan Kauman Kecamatan Batang, faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat metode menghafal Al-Qur’an bagi anak yatim di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Kelurahan Kauman Kecamatan Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Kelurahan Kauman Kecamatan Batang dan mendiskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat metode menghafal Al-Qur’an bagi anak yatim di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Mutaqin Kelurahan Kauman Kecamatan Batang. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah memberikan kontribusi wacana keilmuan dan khazanah intelektual tentang pelaksanaan pendidikan Al-Qur’an lebih khusus pada menghafal Al-Qur’an bagi anak yatim di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Batang, dan juga bisa sebagai bahan referensi tambahan pustaka pada perpustakaan STAIN Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu memberikan suatu gambaran mengenai pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an bagi anak yatim di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Kelurahan Kauman Kecamatan Batang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer berupa data-data dari guru (Ustâż/Ustâżah), pengasuh/pengurus pondok, anak yatim (santri pondok) di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam”
xi
Masjid Agung Darul Muttaqin Batang yang berupa kata-kata, ucapan, tindakan yang dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan fokus penelitian ini, sedangkan data sekunder berupa profil Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin, struktur organisasi, dan data-data yang berkaitan dengan Pondok Pesantren Darul Qur’an wa Darul Aitam ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, interviu, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan model analisis Miles and Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa: pelaksanaan metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Batang menggunakan metode taḥfîẓ untuk setoran hafalan baru, didampingi oleh Ustâż/Ustâżah. Metode takrîr khusus untuk murâja’ah (setoran hafalan lama), selain didampingi Ustâż/Ustâżah, santri takrîr dengan teman dan takrîr sendiri. Ada kegiatan khusus di malam Jum’at yaitu sima’an Al-Qur’an bil Ghoib yang disaksikan atau di-sima’ oleh masyarakat sekitar Masjid Agung Darul Muttaqin Batang. Metode Tartîl, dalam pelaksanakan sima’-an selalu diteliti oleh Ustâż/Ustâżah, baik dari makhraj maupun tajwidnya. Faktor pendukung metode menghafal Al-Qur’an bagi anak yatim di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Batang yaitu: santri yang usianya ideal, manajemen waktu, tempat menghafal, pembimbing atau guru/Ustâż yang tepat, memilih mushaf yang tepat, dan motivasi. Faktor penghambat metode menghafal Al-Qur’an bagi anak yatim di Pondok Pesantren “Darul Qur’an wa Darul Aitam” Masjid Agung Darul Muttaqin Batang, yaitu: banyaknya kesibukan dan niatan yang ragu, malas yang berujung bosan, dan gangguan-gangguan lingkungan.
17SK1721219.00 | SK PAI 17.219 MUH p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain