SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Materi Al Quran Hadits Kelas V di SD Islam Mambaul Maarif Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang 2014/2015
Dalam dunia pendidikan, yang memegang kunci dalam pembangkitan dan pengembangan daya kreatifitas anak itu adalah guru. Kreatifitas adalah suatu kemampuan untuk menciptakan hasil yang sifatnya baru, inovatif, belum ada sebelumnya, menarik, dan berguna bagi masyarakat. Kreativitas peserta didik dalam belajar sangat bergantung pada kreativitas guru dalam mengembangkan materi standard, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru dapat menggunakan berbagai pendekatan dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Sedangkan dalam pengembangan media pembelajaran, hendaknya guru menyesuaikan dengan karakteristik siswa, tujuan pembelajaran,bahan ajar,karakteristik media itu sendiri, dan sifat pemanfaatan media.
Dalam penggunaan media pembelajaran Al-Qur’an Hadits hendaknya guru dapat menyesuaikan dengan karakteristik materi yang akan di sajikan dan dapat menarik perhatian siswa, dan tidak bertentangan dengan syari’at agama atau tidak melanggar etika agama.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, Apa upaya guru dalam menggunakan media pembelajaran pada materi Al-Qur’an Hadits Kelas V di SD Islam Mambaul Ma’arif Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang ? Apa upaya guru dalam pengembangan media pembelajaran pada materi Al-Qur’an Hadits kelas V di SD Islam Mambaul Ma’arif Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang ? Apa kendala-kendala atau hambatan- hambatan yang dihadapi guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran pada materi Al-Qur’an Hadits kelas V di SD Islam Mambaul Ma’arif Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang?Bagaimana solusi yang dilakukan Guru PAI dalam pengembangan kreativitas penggunaan media pembelajaran materi Al-Qur’an Hadits kelas V di SD Islam Mambaul Ma’arif Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang?
Penelitian yang penulis lakukan di SD Islam Mambaul Ma’arif Belik ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam menggumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif,yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Islam Mambaul Ma’arif Belik secara manual dalam proses pembelajaran memakai media pembelajaran. Akan tetapi tergantung dengan materi pembelajarannya (kondisional). Disamping itu, guru juga memiliki kreativitas dalam menggunakan media-media pembelajaran yang ada dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, tujuan, metode dan karakteristik siswa dikelas sehingga pemahaman siswa dengan penggunaan media pembelajaran dapat lebih mudah dicapai.
17SK1721218.00 | SK PAI 17.218 WID u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain