SKRIPSI PAI
Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan
Kinerja guru dapat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar, hal ini dikarenakan guru sebagai tonggak utama dalam proses belajar mengajar tersebut. Kinerja guru yang baik akan menghantarkan proses belajar mengajar yang baik, sebaliknya kinerja guru yang kurang baik maka akan menjadikan proses belajar mengajar kurang efektif. Untuk itu kinerja guru perlu diperhatikan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di madrasah tersebut. Salah satunya adalah dengan meningkatkan mutu pengelolaan dan kepemimpinan kepala sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kinerja guru di MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan? Bagaimana upaya yang dilakukan kepala sekolah MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan dalam meningkatkan kinerja guru? Apa dampak yang ditimbulkan dari upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kinerja guru di MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan kepala sekolah MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan dalam meningkatkan kinerja guru, untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari upaya kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian diharapkan menjadi acuan dalam memberikan perhatian dan motivasi kerja terhadap guru dalam rangka peningkatan kinerja guru.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Kinerja guru di MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yang peneliti lakukan yakni: pemahaman terhadap peserta didik, Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran, evaluasi hasil belajar. Kedua, Upaya yang dilakukan kepala sekolah MI Tegal Rejo Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan dalam meningkatkan kinerja guru, antara lain: Mengijinkan dan mengikutkan guru dalam seminar pelatihan dan pendidikan, Mengaktifkan guru dalam kegiatan perlombaan, Mengaktifkan guru dalam rapat sekolah, baik yang melibatkan yayasan maupun wali murid. Ketiga, Dampak yang ditimbulkan dari upaya kepala sekolah, diantaranya: Kompetensi yang dimiliki guru ketika mengajar meningkat, Menambah semangat dan memberikan ide kreatif guru, Meningkatkan prestasi yang dimilki peserta didik baik dalam belajar maupun dalam perlombaan.
17SK1721217.00 | SK PAI 17.217 ZUB u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain