SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Tajwid Hukum Lam Jalalah Kelas IIIb Melalui Metode Small Group di MSI 14 Medono
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah berawal dari bahwasanya belajar ilmu tajwid dengan baik dan benar merupakan tujuan utama dalam pembelajaran BTQ, untuk itu sebagai pengajar merasa perlu mengadakan perbaikan apabila dalam pembelajaran tersebut peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar ilmu tajwid. Masih adanya peserta didik kelas IIIb di MSI 14 Medono yang tidak dapat menyerap materi secara baik yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan kelas yang beik yaitu 75%, maka peneliti merasa perlu melakukan penelitian dengan tema upaya meningkatan pemahaman belajar siswa dan memilih metode yang sesuai dengan permasalahan tersebut di atas. Rumusan masalah yang diharapkan dalam penelitian ini, yaitu: Apakah metode small group dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas IIIb pada pembelajaran ilmu tajwid hukum lam jalalah?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman siswa kelas IIIb di 14 Medono pada materi hukum Lam Jalalah, dan untuk mengetahui apakah metode small group dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas IIIb pada pembelajaran Ilmu Tajwid di MSI 14 Medono. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi, tes dan hasil observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan jenis data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) dan data kualitatif (pengamatan keaktifan siwa dalam mengikuti pembelajaran). Hasil penelitian ini membuktikan adanya peningkatan pemahaman belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran ilmu tajwid dengan menggunakan metode small group, yang mana peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil tes yang dilaksanakan per siklus selama penelitian ini berlangsung. Adanya hasil peningkatan tersebut dapat dilihat hasil pemahaman siswa padakondisi awal atau pada pra siklus pemahaaman siswa baru mencapai skor rata-rata 61,2 atau kategori cukup. Setelah diberi tindakan pada siklus I skor rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 66 yang berarti ada peningkatan skor 4,8 %. Kondisi awal dan siklus I diperbaiki lagi kelemahannya dan kekurangannya pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II lebih meningkat jika dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus II ini rata-rata yang dicapai siswa adalah 80 atau kategori amat baik, yang berarti ada peningkatan skor dari siklus I yaitu 14 %. Ini membuktikan bahwa adanya peningkatan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan metode small group. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan STAIN Pekalongan.
17SK1721213.00 | SK PAI 17.213 MAZ u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain