SKRIPSI PAI
Kompetensi Pedagogik Guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan
Profesionalitas dalam mengajar bagi sebagai guru harus terus ditingkatkan karena guru merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar, dan melatih murid-muridnya dengan berbagai cara. Dengan adanya sertifikasi diharapkan dapat diciptakan tenaga pengajar yang professional yang relevan dengan mata pelajaran yang diampunya serta menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Guru sebagai pembelajar maka peranan guru dalam mengatasi masalah-masalah ekstern belajar merupakan prasyarat terlaksananya siswa dapat belajar. Untuk itu kebutuhan individu guru haruslah terpenuhi terlebih dahulu, agar dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam diri anak didik ataupun sekolah. Dalam penelitian ini penulis memilih MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan sebagai objek penelitian karena dari guru madrasah ibtidaiyah tersebut telah mendapatkan banyak pelatihan ketrampilan dalam mengajar.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan? faktor apa saja yang menghambat atau mendukung kompetensi pedagogik guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan? apa yang dilakukan guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui faktor yang menghambat atau mendukung kompetensi pedagogik guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui apa yang dilakukan guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan masukan kepada guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan tentang cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan pola kompetensi pedagogiknya.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Kompetensi pedagogik guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan dapat dikatakan baik, hal ini ditunjukkan dari beberapa kemampuan guru antara lain: Guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan memiliki kompetensi dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan, memahami peserta didik, merancang pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik. Kedua, Faktor yang menghambat kompetensi pedagogok guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan antara lain: kurangnya sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar, tidak adanya dana untuk pemanfaatan teknologi pembelajaran, kondisi bangunan madrasah yang sudah tua dan mulai rusak. Sedangkan faktor yang mendukung antara lain: kepemimpinan kepala madrasah yang disegani oleh para guru, adanya kebebasan guru untuk mengikuti pelatihan, seminar, sertifikasi dan KKG, dukungan stakeholder seperti: komite madrasah dan wali murid yang mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, siswa kooperatif dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh guru. Ketiga, Apa yang dilakukan guru MIS Sembungjambu Bojong Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, antara lain: mengikuti seminar pelatihan dan pendidikan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan maupun perguruan tinggi, guru aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, guru aktif dalam rapat madrasah, baik yang melibatkan komite madrasah maupun wali murid, guru mengikuti kegiatan sertifikasi dan terlibat aktif dalam KKG (Kelompok Kerja Guru).
17SK1721210.00 | SK PAI 17.210 RIS k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain