SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Menghafal Kosa Kata dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan
Penyampaian materi pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan dengan menggunakan metode menghafal kosa kata sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran. Walaupun ada beberapa kendala dalam proses pembelajaran namun siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Semua itu dapat terlaksana karena guru bahasa Arab MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan profesional dalam mengajar, walaupun guru tersebut bukan tamatan dari jurusan pendidikan bahasa Arab namun beliau menguasai materi pembelajaran bahasa Arab dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode menghafal kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode menghafal kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fiel research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisi data yang digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan antara lain : Proses pembelajaran bahasa Arab di MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan berjalan dengan baik dan lancar, terbukti pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode yang membuat anak semakin baik dalam prestasi dan pemahaman tentang pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan menggunakan metode menghafal, menghafal disini adalah menghafal kosa kata dari materi pembelajaran bahasa Arab. Dalam pelaksanaanya metode menghafal kosa kata sudah sesuai tujuan dari pembelajaran yang ingin dicapai. Implementasi metode menghafal kosa kata dalam pembelajaaran bahasa Arab di MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan memiliki beberapa faktor pendukung dan faktor penghampat dalam pelaksananya yaitu : Faktor yang mendukung diantaranya : Adanya motivasi dan kesabaran dari guru pengampu dalam mengajar bahasa Arab, motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, penerapan metode pembelajaran yang tepat dan guru yang ahli dalam bidang bahasa Arab. Faktor yang menghambat antara lain : 60% siswa lulusan SD yang awam tentang pelajaran bahasa Arab, minat dalam pembelajaran bahasa Arab kurang karena siswa lebih fokus kepada pelajaran UN, pembiasaan berbahasa Arab di sekolah cenderung lebih sulit dari pada berbahasa Indonesia, kemampuan siswa yang berbeda dan tidak ada contoh langsung tentang percakapan bahasa Arab di luar kelas.
17SK1721201.00 | SK PAI 17.201 KHA i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain