SKRIPSI PAI
Upaya Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Siswa di MTs Rifaiyah Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha untuk mencapai prestasi. Adanya motivasi yang tinggi dalam belajar akan mendapatkan hasil yang baik. Salah satu peran guru yang paling penting adalah sebagai motivator. Apabila guru bisa menjadi motivator yang baik, maka siswa akan memiliki keinginan untuk belajar lebih giat lagi. Rumusan masalah penelitian ini adalah tentang bagaiman kondisi motivasi belajar siswa, upaya yang dilakukan guru PAI dalam memotivasi belajar siswa, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung serta penghambat dalam upaya memotivasi belajar siswa di MTS Rifa’iyah Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang motivasi belajar siswa ,menganalisa upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa, serta mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam upaya memotivasi belajar siswa di MTS Rifa’iyahWonokertoKabupatenPekalongan.
Adapun Jenis peneletian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk menggambarkan data motivasi belajar siswa, upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam upaya memotivasi belajar siswa di MTs Rifa’iyah Wonokerto. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidikan Agama Islam MTs Rifa’iyah Wonokerto. Sumber data sekunder diperoleh dari arsip-arsip sekolah, serta data yang diperoleh peneliti. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, upaya guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Rifa’iyah Wonokerto meliputi pembuatan materi yang menarik, Penggunaan LCD proyektor, untuk menarik perhatian siswa pada saat penyampaian materi, memotivasi siswa dengan cara menasihati setiap akan memulai pelajaran dandiahir pertemuan, memberikan reward/penghargaan untuk siswa yang mendapatkan prestasi dan memberikan punishmen/hukuman bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas dan melanggar tata tertib sekolah.
17SK1721200.00 | SK PAI 17.200 NIS u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain