SKRIPSI PBA
Fi’il Mabni Majhul dalam Surah Al Fushshilat serta Metode Pengajarannya
vii
ABSTRAK
Widayanti, Laili, 2016. Fi’il Mabni Majhul dalam Surah Al Fushshilat serta Metode Pengajarannya. Skripsi. Pembimbing: Muhamad Jaeni, M. Ag.
Kata kunci: Fi’il Mabni Majhul, Surah Al Fushshilat, Metode Pengajaran.
Struktur kalimat dalam bahasa Arab biasanya terdiri dari fi’il, fa’il dan maf’ul. Namun terkadang kalimat dalam bahasa Arab menyebutkan fa’ilnya (mabni ma’lum), terkadang pula tidak menyebutkan fa’ilnya (mabni majhul). Fiil mabni majhul merupakan bentukan dari verba aktif yang diubah beberapa harakatnya, serta memiliki konsep makna yang berbeda dari sebelumnya. Sepertiطَلَةََ (mencari) menjadi طُلِةََ (dicari). Surah al Fushshilat adalah surah ke-41 dalam al Qur’an yang terdiri dari 54 ayat . Dalam surah al Fushshilat terdapat 18 kalimat fi’il mabni majhul yang terbentuk dari wazan-wazan yang berbeda, dan memiliki faedah-faedah yang berbeda pula, Contohnya kata فُصِّلَ تَ pada kalimat كِتَابٌ فَُصِّلَ ت آَيَاتُهَُ dalam ayat ke-3 yang terbentuk dari bina’ mudhoaf mengikuti wazan فَعَّلََ ..
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana bentuk-bentuk Fi’il Mabni Majhul dalam al-Qur’an surah al Fushshilat? (2) Bagaimana faidah-faidah Fi’il Mabni Majhul dalam al-Qur’an surah al Fushshilat? (3) Bagaimna metode pengajaran Fi’il Mabni Majhul bagi pelajar Indonesia? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-betuk Fi’il Mabni Majhul dalam al-Qur’an surah al Fushshilat. (2) untuk mendeskripsikan faidah-faidah Fi’il Mabni Majhul dalam al-Qur’an surah al Fushshilat. (3) Upaya untuk mencari metode pengajaran fi’il mabni majhul yang efektif dan efisien bagi pelajar Indonesia, guna pemenuhan fungsi pengajaran tata bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian library research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode analisis isi dari segi analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam surah Al Fushshilat terdapat 18 fi’il mabni majhul, 6 berbentuk fi’il madhi dan 12 berbentuk fi’il mudhori. 2) Faidah-faidah fi’il mabni majhul dalam surah Al Fushshilat yaitu lil ‘ilmi sebanyak 9 kata, lil majhul sebanyak 2 kata, lil ijaz sebanyak 6 kata dan lil tahqirah sebanya 1 kata. 3) Metode pengajaran yang sesuai untuk fi’il mabni majhul adalah dengan metode tata bahasa (gramatikal) dan metode tata bahasa terjemah (gramatikal tarjamah)
17SK1722021.00 | SK PBA 17.021 WID f | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain