SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning di MAK Salafiyah Simbangkulon Pekalongan
Madrasah Aliyah Salafiyah Simbangkulon merupakan madrasah yang konsisten melakukan pembelajaran kitab kuning, baik di jurusan keagamaan, IPA, maupun jurusan IPS. Dari ketiga jurusan tersebut, yang lebih fokus pembelajaran kitab kuningnya adalah jurusan keagamaan atau MAK. Jika ditinjau dari segi materinya, kitab kuning yang diajarkan di MAK Salafiyah Simbangkulon meliputi kitab Fathul Qorib, Alfiyah, Balaghoh, Hujjah, dan Faroidl. Dari segi metode pembelajarannya, metode pembelajaran yang digunakan juga lebih bervariasi daripada di madrasah lain yaitu menggunakan metode sorogan, bandongan, hafalan, tanya jawab bahkan diskusi. Selain itu dari segi output-nya, lulusan MAK Salafiyah Simbangkulon banyak yang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di beberapa universitas di Timur Tengah.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di MAK Salafiyah Simbangkulon Pekalongan dan bagaimana hasil belajar peserta didik MAK Salafiyah Simbangkulon dalam mata pelajaran kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di MAK Salafiyah Simbangkulon Pekalongan dan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik MAK Salafiyah Simbangkulon dalam mata pelajaran kitab kuning. Sedangkan kegunaannya adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi bagi sekolah untuk terus meningkatkan pembelajaran kitab kuning, dapat memberikan masukan dan dorongan bagi guru agar melakukan pembelajaran kitab kuning dengan lebih baik lagi, dan dapat menjadi penyemangat bagi siswa agar lebih semangat mempelajari kitab kuning.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis data mencakup: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah menguraikan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada. Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di MAK Salafiyah Simbangkulon menggunakan kurikulum KTSP. Pembelajaran kitab kuning di sana bertujuan agar peserta didik bisa mendalami teks-teks agama Islam yang ditulis dari sumber aslinya, agar peserta didik dapat membaca kitab kuning dan untuk penguatan kultur salaf pada diri peserta didik. Dalam hal materi pembelajaran, kitab kuning yang diajarkan adalah Fath al-Qorib, Alfiyah, Hujjah, Balaghoh dan Faroidl. Metode yang digunakan menggunakan metode sorogan, bandongan, tanya jawab, hafalan dan diskusi. Sedangkan dalam hal evaluasi
xiii
pembelajaran menggunakan tes sorogan, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Dalam hal proses pembelajarannya, melalui tiga tahap, yaitu tahap pembukaan, tahap inti dan tahap penutup. Hasil belajar peserta didik MAK Salafiyah Simbangkulon dalam mata pelajaran Fath al-Qarib, Hujjah, Balaghoh, dan Faroidl sudah baik. Hanya saja dalam mata pelajaran Fath al-Qarib perlu ditingkatkan lagi.
17SK1721195.00 | SK PAI 17.195 MAH i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain