SKRIPSI PAI
Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan
Upaya guru SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan dalam melestarikan bahasa Arab dengan memasukkan materi pembelajaran bahasa Arab di kelas 1, diharapkan para siswa tingkat selanjutnya bisa mudah mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Belajar mengajar bahasa Arab kelas 1 mengalami kesulitan, dalam menangkap pembelajaran bahasa Arab dengan kosakata yang dijelaskan oleh guru. Karena siswa belum pernah belajar tentang kosakata, sehingga ketika mendapat pembelajaran bahasa Arab sebagian besar siswa mengalami kebosanan dalam materi bahasa Arab. Maka untuk menciptakan suasana belajar mengajar sesuai tujuan, dengan menggunakan metode dan media. Media yang digunakan di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul dengan media gambar. Penggunaan media gambar dilaksanakan dikelas 1, upaya menciptakan suasana yang tidak membosankan.
Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana Penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas 1 di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas 1 di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, metode pengumpulan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif yang bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh kemudian dikembangkan menjadi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas 1 di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan sudah dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran kosakata, dengan menggunakan pendekatan kelompok dan pendekatan individu dalam proses pembelajaran kosakata di kelas 1. faktor pendukung diantaranya; siswa sudah dibekali pengetahuan huruf hijaiyah, semangat guru dalam pembelajaran, variasi metode dan adanya media lain sehingga dapat mendukung proses pembelajaran, sedangkan faktor penghambat pembelajaran seperti waktu kurang mencukupi dengan kondisi jumlah siswa kelas 1, problem pengucapan bahasa kurang lancar, buku penunjang kurang sehingga guru perlu berperan aktif.
17SK1721194.00 | SK PAI 17.194 RIS p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain