SKRIPSI PAI
Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan
Masalah yang akan muncul dari konsep sekolah inklusi ini adalah murid-murid yang memiliki kebutuhan khusus ini dalam proses belajar mengajar dibaurkan dengan murid-murid yang normal. Sementara kebutuhan belajar antara murid dengan kebutuhan khusus dengan murid normal tentunya berbeda. Terkadang murid dengan kebutuhan khusus ini membutuhkan penyampaian materi dengan metode yang berbeda dengan murid normal. Tidak bisa seorang guru menerapkan metode yang sama, baik untuk anak normal maupun anak berkebutuhan khusus. Sebab, tingkat pemahaman antara siswa yang normal dan siswa yang berkebutuhan khusus tentunya berbeda. Seharusnya metode yang digunakan berbeda. Akan tetapi karena pembauran antara siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus dalam satu kelas yang sama, maka tidak mungkin untuk menerapkan metode yang berbeda bagi siswa berkebutuhan khusus jika dilakukan di dalam kelas. Sebab, tidak mungkin seorang guru menerapkan metode tersendiri yang hanya ia terapkan pada siswa berkebutuhan khusus itu dalam pembelajaran di kelas. Mengingat jumlah siswa berkebutuhan khusus yang lebih sedikit dibandingkan siswa normal. Masalah bertambah, sebab tidak semua guru mata pelajaran itu mampu untuk menangani murid-murid yang memiliki kebutuhan khusus ini dengan metode-metode pembelajaran yang bisa mereka terima. Sebagian besar guru mata pelajaran di sekolah inklusi bukanlah guru yang mempunyai latar belakang pendidikan luar biasa sehingga mempunyai bekal untuk menangani siswa berkebutuhan khusus. Masalah tersebut semakin kompleks ketika dalam pembelajaran mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Mata pelajaran ini memiliki nilai urgensitas yang tinggi sebab mata pelajaran ini menyangkut tentang penanaman dasar keagamaan bagi anak-anak usia sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu bagaimana metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan, apa faktor penghambat dalam penerapan metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan dan bagaimana efektivitas metode pembelajaran di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tentang metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan, untuk memahami faktor penghambat dalam penerapan metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan dan untuk memahami efektivitas metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis dapat memberikan kontribusi dalam menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi. Adapun secara praktis, dapat dijadikan bahan dalam mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran yang digunakan di sekolah inklusi khususnya pada mata pelajaran PAI serta dapat dijadikan masukan bagi sekolah inklusi untuk memperbaiki implementasi pendidikan inklusi, khususnya pada penerapan metode pembelajaran PAI yang digunakan.
Metodologi dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan studi dokumenter. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Proses analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran PAI yang digunakan di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan adalah metode ceramah, metode sortir kartu, metode diskusi, metode bercerita, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode drill, metode team quiz, metode tugas dan resitasi, metode reward (penghargaan) dan metode pembiasaan. Metode-metode yang telah disebutkan itu digabungkan antara yang satu dengan yang lain sesuai dengan materi pelajaran serta disesuaikan dengan keadaan saat pembelajaran. Metode pembelajaran tidak dibedakan untuk anak-anak berkebutuhan dengan anak normal. Dasar pertimbangan guru dalam memilih metode pembelajaran adalah hanya kesesuaian dengan materi. Adapun aspek perbedaan karakteristik serta kemampuan awal siswa tidaklah menjadi bahan pertimbangan guru. Maka dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan dalam pelaksanaannya kurang tepat dengan pertimbangan seperti yang telah disebutkan. Faktor penghambat dalam penerapan metode pembelajaran PAI di sekolah inklusi SDN Bendan 01 Pekalongan yaitu: kelambatan pemahaman siswa berkebutuhan khusus ketika mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya pemahaman guru tentang cara menangani anak berkebutuhan khusus. Dilihat dari segi proses, secara umum metode pembelajaran PAI yang diterapkan di SDN Bendan 01 Pekalongan cukup efektif sebab lebih dari 75% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran baik secara fisik, mental maupun sosial serta memiliki kegairahan yang tinggi, semangat belajar yang besar dan rasa percaya diri. Namun jika dilihat sasarannya secara individu, metode pembelajaran PAI yang diterapkan di SDN Bendan 01 Pekalongan cukup efektif bagi siswa normal namun tidak cukup efektif untuk siswa berkebutuhan khusus. Dilihat dari segi hasil, dapat dikatakan bahwa secara umum secara umum metode pembelajaran yang digunakan guru PAI di SDN Bendan 01 Pekalongan cukup efektif. Namun jika dilihat secara individual, untuk siswa normal dapat dikatakan berhasil sebab mayoritas siswa mencapai KKM itu artinya mereka telah mencapai tujuan pembelajaran. Karena itu metode pembelajaran PAI yang digunakan guru cukup efektif bagi siswa normal, sedangkan bagi siswa berkebutuhan khusus dapat dikatakan proses pembelajaran PAI yang dilakukan untuk mereka belum berhasil sebab 78% siswa berkebutuhan khusus tidak dapat mencapai KKM, itu artinya mereka tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Karena itu metode pembelajaran PAI yang digunakan guru kurang efektif bagi siswa berkebutuhan khusus.
17SK1721192.00 | SK PAI 17.192 AIS m | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain