SKRIPSI PAI
Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Pekalongan
Setiap individu memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Kepercayaan diri terbentuk karena proses belajar bagaimana merespon berbagai rangsangan dari luar dirinya melalui interaksi dengan lingkungannya. Data awal yang diperoleh peneliti dari guru MAN 2 Pekalongan, diketahui bahwa terdapat siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan yang cenderung menutup diri dalam proses belajar mengajar.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) bagaimana kepercayan diri siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan? (2) bagaimana prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan? (3) adakah pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan (3) untuk mengetahui adaka pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa skala pengukuran, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi program SPSS 15.
Kepercayan diri merupakan variabel bebas (variabel X), sedangkan prestasi belajar merupakan variabel terikat (variabel Y). Nilai rata-rata kepercayaan diri siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan adalah 136,47. Nilai tersebut termasuk dalam interval 132-138 dan termasuk kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan 3,23. Nilai tersebut termasuk dalam interval 3,17-3,31 dan termasuk kategori sedang. Berdasarkan perhitungan, diketahui bahwa Fhitung = 0,954, sedangkan Ftabel = 4,098. Jika Fo < Ftabel maka Ho diterima dan H1 ditolak. Selain itu, perhitungan juga dapat dilakukan dengan membandingkan sign dan α. Jika sign (0,334) > α (0,05), maka Ho diterima dan H1 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengarih kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Pekalongan. Sehingga persamaan regresinya adalah Y = 3,486. Konstanta sebesar 3,486 menyatakan bahwa nilai prestasi belajar sebesar 3,486.
17SK1721191.00 | SK PAI 17.191 WAT p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain