SKRIPSI PAI
Pengaruh Minat Membaca Buku Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V SDN Sapura 01 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016
Minat Membaca buku sangat berpotensi meningkatkan prestasi siswa, oleh karena itu guru dituntut supaya dapat memotivasi anak didiknya dalam membaca buku baik dilakukan di dalam kelas , perpustakaan maupun di rumah.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah apakah minat membaca buku dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Sapuro 01 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat membaca buku terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Sapuro 01 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan kegunaannya adalah untuk menambah wawasan keilmuan dalam menumbuhkan minat membaca sehingga anak didik memiliki prestasi yang meningkat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi liniear sederhana.
Berdasarkan pengamatan dan analisa data peneliti adalah sebagai berikut :
1. Dari nilai persentase angket tentang Minat membaca buku di SDN Sapuro 01 Pekalongan (Variabel X) sebesar 64,8 % berada pada interval 60 % ≤ % ≤ 80 % yang berarti berada pada kategori baik. Begitu juga dilihat dari jumlah nilai angket tentang Minat membaca buku di SDN Sapuro 01 Pekalongan (Variabel X) sebesar 1296 berada dalam 1250 ≤ nilai ≤ 1625 yang termasuk dalam kategori baik.
2. Dari nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas Vc pada mata pelajaran PAI di SDN Sapuro 01 Pekalongan sebesar 78 berada di interval 71 – 85 yang termasuk dalam kategori baik.
3. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil ttest = 108,49 dengan N = 25. Pada tingkat signifikan 1% nilai ttabel = 2,807 maka ttes > ttabel = 108,49 > 2,807. Sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 2,069 maka ttes > ttabel = 108,49 > 2,069, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh Minat membaca buku terhadap prestasi belajar siswa kelas Vc pada mata pelajaran PAI di SDN Sapuro 01 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016. Maka hipotesis yang peneliti ajukan yaitu: “Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat membaca buku terhadap prestasi belajar siswa kelas Vc pada mata pelajaran PAI di SDN Sapuro 01 Pekalongan tahun 2015/2016 ” dapat diterima kebenarannya.
17SK1721184.00 | SK PAI 17.184 SOL p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain