SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Perilaku Terpuji Peserta Didik Madrasah Aliyah Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sebagai individu maupun masyarakat dan bangsa, sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat bergabung ada bagaimana akhlaknya akhlak diartikan sebagai ilmu tata krama ilmu yang berusaha mengena tingkah laku manusia.pentingnya pembentukan akhlak dalam kehidupan sehari–hari siswa, sudah selayaknya nilai–nilai akhlak mempunyai tempat tersendiri di dalam pelajaran di sekolah. Artinya pendidikan akhlak tidak hanya dapat di pahami secara terbatas pada mata pelajaran saja, karena perilaku akhlak siswa tidak cukup diukur hanya dari pemahaman mereka menguasai hal–hal yang bersifat kognitif saja, akan tetapi yang lebih penting adalah pemahaman nilai–nilai dan akhlak yang dapat tertanam dalam jiwa siswa, sejauh mana nilai–nilai itu terwujud dalam tingkah lakunya sehari–hari oleh karena itu pendidikan akhlak harus ditanamkan sejak dini melalui pembiasaan-pembiasaan baik di rumah maupun di sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kec. Ulujami, Kab. Pemalang dan Bagaimana peningkatan perilaku terpuji peserta didik melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Salafiyah Syafi’iyah Kec. Ulujami, Kab. Pemalang Hadirul Ulum Tasikrejo.
Dalam penelitianini, penulis menggunakanpendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview,observasidandokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Perilaku Terpuji Peserta Didik Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang Pada dasarnya kesiapan sekolah dan kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran aqidah akhlak kelas X ini sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari kesiapan kesiapan yang ada di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Tasikrejo seperti kesiapan kurikulum yang di antaranya tujuan, materi, dan media. Sedangkan peningkatan perilaku terpuji peserta didik melalui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Salafiyah Syafi’iyah Kec. Ulujami, Kab. Pemalang Hadirul Ulum Tasikrejo yaitu Setiap gurunya memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan perilaku terpuji peserta didik, tidak peduli mata pelajaran apa yang di ampunya. Peran serta dari seorang guru dalam meningkatkan perilaku terpuji peserta didik berlaku pada semua guru di Madrasah Aliyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kec, Ulujami Kab. Pemalang. Dan faktor pendukungnyaa). Kondisi lingkungan yang nyaman b). Disiplinc). Keaktifan. Penghambatnyaa). Kurangnya sarana prasarana b). Terbatasnya waktu pembelajaran
17SK1721179.00 | SK PAI 17.179 KHA p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain