SKRIPSI PAI
Peran Taman Pendidikan Al Quran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 5 di SDN Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Taman Pendidikan Al qur’an merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan bagaimana cara menulis dan membaca huruf al qur’an, serta pengetahuan agama. Dalam proses belajar mengajar, siswa sangat diperhatikan guru dalam meraih prestasi. Salah satu contohnya anak terdorong mengikuti TPQ sebagai tempat mencari pengetahuan agama. Dengan hal ini peran TPQ menjadikan anak menjadi lebih baik dalam meraih prestasi berbeda dengan anak yang tidak mengikuti TPQ mereka anjlok dalam prestasi di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini sebagaimana yang terjadi di SDN Karanganom. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini meliputi: bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas 5 SDN Karanganom dan bagaimana peran taman pendidikan al qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas 5 SDN Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan prestasi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas 5 di SDN Karanganom dan Untuk mendeskripsikan peran taman pendidikan al qur’an dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Kegunaan penelitian ini untuk Sumbangan ilmu pendidikan, khususnya dalam pengembangan taman pendidikan al-qur’an sebagai wujud kepedulian akan urgennya dalam pembelajaran pendidikan agma islam, untuk mengembangkan kemampuan penulis dalam memahami dan mengerti tentang ilmu pendidikan anak khususnya, dan sebagai kontribusi kepada pihak pengelola SDN Karanganom terutama dalam meningkatkan prestasi belajaran pendidikan agama islam dan dapat meningkatkan kepedulian terhadap taman pendidikan al-qur’an bagi masyarakat pada umumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas 5 SDN Karanganom baik; prestasi belajar siswa yang mengikuti taman pendidikan al qur’an lebih baik dan memenuhi KKM dibanding siswa yang tidak ikut taman pendidikan al qur’an. Taman pendidikan al qur’an sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam karena meningkatkan baca tulis al qur’an, meningkatkan pengetahuan keagamaan, meningkatkan do’a-do’a harian dan meningkatkan hafalan surat-surat pendek.
17SK1721177.00 | SK PAI 17.177 WIY p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain