SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Fiqih di Majelis Taklim al-Maslakhah Desa Jeruksari Kec. Tirto Kab. Pekalongan
Hakikat pendidikan tidak saja merupakan usaha membangun dan mewariskan nilai yang akan menjadi penolong dan penuntun umat manusia dalam menjalani hidup, tetapi juga untuk memperbaiki nasib dan peradabannya. Pembinaan pengetahuan di bidang agama dapat berupa kegiatan-kegiatan yang bernuansa keagamaan secara umum sangat penting dalam memenuhi kebutuhan jiwa manusia dan membentuk kepribadian yang baik dan mulia. Keberadaan majelis taklim dalam era globalisasi sangat penting dan salah satu benteng terpenting dalam menangkal dampak negatif dari globalisasi itu sendiri. Sebagai majelis taklim yang memiliki jamaah yang relatif banyak, perlunya di kembangkan strategi yang tepat guna untuk mensukseskan tujuan pembelajaran dari majelis taklim tersebut begitupun di majelis taklim Al-Maslakhah dalam pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran yang efektif. Strategi pembelajaran di Majelis Taklim ini seperti membentuk kaum perempuan agar menjadi lebih baik, dan lebih berakhlakul karimah Pembelajaran di majelis taklim al-maslakhah sangat beragam, salah satunya yaitu penekanan pada materi fiqih. Materi fiqih sendiri berkaitan dengan perkara agama, baik akidah, ibadah maupun muamalah.
Berdasarkan latar belakang yang di uraikan diatas, secara sederhana dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : 1). Bagaimana Strategi Pembelajaran di Majelis taklim Al-Maslakhah Desa Jeruksari kec. Tirto Kab. Pekalongan? 2). Apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pembelajaran di Majelis Taklim Al-Maslakhah Desa Jeruksari Kec. Tirto Kab. Pekalongan? Dengan tujuan 1). Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran di Majelis taklim Al-Maslakhah Desa Jeruksari kec. Tirto Kab. Pekalongan. 2). Untuk mengeksplorasikan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pembelajaran di Majelis Taklim Al-Maslakhah Desa Jeruksari Kec. Tirto Kab. Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini berorientasi kepada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Strategi pembelajaran di majelis taklim al-maslakhah ada dua strategi yang dilakukan yaitu:1). strategi dengan penekanan pada komponen pengajaran yaitu dalam hal ini berpusat pada guru yang menjadi peran sentral dalam menjalankan strategi di majelis taklim. 2). strategi yang berpusat pada materi pembelajaran yang berfungsi untuk menambah wawasan bagi para jamaah juga memberikan dampak positif kepada para jamaah dalam kehidupannya. 3). strategi pembelajaran berdasarkan pengolahan materi yaitu di majelis taklim al-maslakhah berupa strategi pembelajaran deduksi yaitu materi fiqih di sampaikan dari hal yang umum ke hal yang khusus yaitu dari pengertian sampai contoh-contohnya. Ada pula faktor yang mempengaruhinya, faktornya antara lain faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya yaitu: guru sangat berperan dalam keberhasilan strategi pembelajaran, peserta didik atau jamaah majelis taklim al-maslakhah, Sistem pembelajaran di majelis taklim sudah tertata dengan baik seperti adanya jadwal pembelajaran yang sudah tertata rapi, materi yang jelas, serta ada evaluasi.Sedangkan faktor penghambatnya seperti lingkungan , lingkungan majelis yang tidak terlalu luas sehingga ada beberapa acara yang terkendala dan disini seperti pada saat datangnya air rob. Dan sarana dan prasarana yang belum 100% terpenuhi.
17SK1721175.00 | SK PAI 17.175 CHO s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain