SKRIPSI PAI
Pengaruh Prestasi Akademik Mata Pelajaran PAI Terhadap Minat Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi Agama Islam Bagi Siswa MAN Pemalang Tahun Pelajaran 2015-2016
Prestasi adalah nilai yang dicapai oleh siswa dalam berbagai tingkat, prestasi adalah nilai (skor) individual merupakan indikator prestasi atau hasil pencapaian yang nyata sebagai pengaruh hasil belajar mengajar yang bersangkutan. Minat merupakan sumber motivasi yang berlatar belakang dari kemampuan yang dimiliki individu sehingga mampu mendorong individu untuk menjadi tertarik dan melakukan suatu kegiatan yang diinginkan, dan dapat mempengaruhi proses dan hasil dari suatu kegiatan yang dilakukan. Apabila siswa sudah memahami sekaligus mempunyai minat untuk menentukan pilihan studi lanjut ke perguruan tinggi, maka ia akan dapat memilih studi lanjut ke perguruan tinggi yang sesuai dengan minatnya.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana prestasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa MAN Pemalang, (2) Bagaimana minat siswa untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Agama Islam, (3) Bagaimana pengaruh prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran PAI terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Agama Islam.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabel independennya adalah prestasi akademik mata pelajaran PAI dan variabel dependennya adalah minat studi lanjut ke perguruan tinggi agama islam. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 300 siswa dan peneliti mengambil sampel 10% sebanyak 30 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah Nilai thitung akan dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% ( = 0,05). Nilai ttabel (0,025 ;30-3) = Nilai ttabel (0,025;27) = 2,052. Pengaruh parsial dari variabel Nilai Keagamaan Islam (X) diperoleh nilai t hitung sebesar 1,350 dengan demikian t hitung < t tabel, yaitu 1,350 < 2,052, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa variabel Nilai Keagamaan islam tidak berpengaruh nyata terhadap Minat siswa Kelas XII MAN Pemalang.
17SK1721167.00 | SK PAI 17.167 NOV p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain