SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pafa Materi Kitab-kitab Allash SWT Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Depok 02 Kandeman Batang
Berdasarkan dokumentasi dan observasi peneliti selama mengajar mata pelajaran PAI di SD Negeri Depok 02 prestasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI menunjukkan masih banyaknya siswa yang mendapatkan nilai yang rendah, hal ini karena kurangnya kemampuan anak dalam menghafal dan proses pembelajaran yang kurang menarik, sehingga dalam pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan, bermain dan berbicara dengan teman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Depok 02 Kandeman Batang sebelum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw? Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Depok 02 Kandeman Batang setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada materi Kitab-kitab Allah Swt.? Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Depok 02 Kandeman Batang pada materi Kitab-kitab Allah Swt.?. Kegunaan teoritis dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan informasi (literatur) dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah melalui penggunaan metode yang efektif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah performance test/ unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data bersifat induktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kitab-kitab Allah Swt. sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Depok 02 Kandeman Batang, dapat meningkatkan. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh dari pra siklus yakni 65,83 meningkat pada siklus 1 menjadi 71,53 dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 80,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar kitab-kitab Allah Swt. siswa kelas V SD Negeri Depok 02 Kandeman Batang.
17SK1721156.00 | SK PAI 17.156 KUR u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain