SKRIPSI PAI
Implementasi Pengembangan Perilaku Jujur Pada Anak Didik Melalui Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang
Dalam dunia pendidikan kasus bertindak curang (cheating) baik berupa tindak mencontek, mencontoh pekerjaan teman-teman atau mencontoh dari buku pelajaran seolah-olah merupakan kejadian sehari-hari. Masalah tersebut merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh semua pihak baik orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah secara bersama-sama sesuai dengan kapasitas masing-masing. Dalam konteks pembangunan karakter di sekolah, kejujuran menjadi sangat penting untuk menjadi karakter anak-anak Indonesia saat ini.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pengembangan perilaku jujur pada anak didik melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs NU 01 Banyuputih, Bagaimana Implementasi pengembangan perilaku jujur pada anak didik melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs NU 01 Banyuputih, Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pengembangan perilaku jujur pada anak didik melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Nu 01 Banyuputih. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan pengembangan perilaku jujur pada anak didik melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs NU 01 Banyuputih. Untuk mengetahui Implementasi pengembangan perilaku jujur pada anak didik melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs NU 01 Banyuputih. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pengembangan perilaku jujur pada anak didik melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Nu 01 Banyuputih.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dilakukan ditempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perilaku jujur di MTs ini sudah terlaksana dengan cukup baik. Ini di buktikan dari perencanaan guru Aqidah Akhlak dan dalam pelaksanaan pengembangan perilaku jujur di kelas dan di luar kelas. Dalam faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ini menjadi acuan agar pelaksanaan pengembangan perilaku jujur di madrasah ini agar lebih baik dari waktu kewaktu.
17SK1721152.00 | SK PAI 17.152 AMM i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain