SKRIPSI PAI
Implementasi Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Kurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan
Kurikulum 2013 merupakankurikulumterbaru yang memfokuskanpadapesertadidikuntuklebihaktifdenganmengubahkonsep, yang semulasiswadiberitahu, sekarangsiswa yang mencaritahu. Dan di Pekalongan, padatingkatSekolahMenengahPertama (SMP) tepatnyapada semester genaptahunajaran 2013/2014 kurikulum 2013 baruditerapkan, yang slahsatunyaadalah SMP Islam Pekalongandandalampenerapannyahanyapadakelas VII saja. Dalampenerapankurikulum 2013 initentumenarikuntukditelitidariawalpersiapanpembelajaran yang dilakukanoleh guru danpihaksekolah, proses pembelajaran di dalamkelas, hinggafaktor yang mendukungdanmenghambatdari proses pembelajaranpendidikan agama islammenurutkurikulum 2013.
Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanaimplementasistandar proses pembelajaranpendidikan agama islammenurutkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan, apafaktorpendukungdanpenghambatdalamimplementasistandar proses pembelajaranpendidikan agama islammenurutkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanimplementasistandar proses pembelajaranmenurutkurikulum2013 di SMP Islam Pekalongan. Sedangkankegunaanpenelitianiniadalahuntukmemberikankontribusipemikirandanpengetahuandalamlingkunganpendidikan yang berkaitan proses pembelajaranmenurutkurikulum 2013 dansebagaiinformasibagisekolahkhususnya guru untuklebihmemahamitentangkonsepkurikulum 2013.
Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapanagan (field research) yaitupenelitian yang dalammenyajikan data berbentuk verbal danakanmemaparkankeadaanataufenomena yang terjadi di lapangan yang terkaitdenganobjekpenelitian. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifadalahpendekatan yang digunakanuntukmengolah data tanpahitunganangka(statistik), tetapimelaluipemaparanpemikiranataufenomena yang terjadidalamkehidupanmasyarakat.
Penelitianinimendeskripsikanstandar proses pembelajaranPendidikan Agama Islam menurutkonsepkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan, denganmempersiapkanberbagaihalterkaitpembelajaran, mengacupadapendekatansaintifiksaat proses pembelajaranyaitumengamati, menanya, menumpulkaninformasi, mengasosiasi, danmengkomunikasikan, penilaian yang digunakanadalahpenilaianautentik. Artinya, penilaiansebenarnya, penilaianinimencakupsemuaranahpembelajaran, yaitusikap, pengetahuandanketrampilan.Terdapat pula faktorpendukungdanpenghambatdalampengimplementasian proses pembelajaranmenurutkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan yang butuhperhatiankhususgunamencapaitujuanpendidikan.
17SK1721151.00 | SK PAI 17.151 AGU i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain