SKRIPSI PAI
Korelasi Bimbingan Orang Tua Yang Berprofesi Sebagai Guru Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan
Lingkungan keluarga guru merupakan salah satu komunitas yang mempunyai peran dalam mengembangkan pendidikan anaknya, sehingga perlu aktifitas peranannya sebagai bekal dimasa yang akan datang. tanggung jawab orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan anak, tetapi juga harus selalu mendampingi anaknya dalam belajar hendaknya selalu meluangkannya waktu untuk memperhatika perkembangan belajar para putra-putrinya di rumah maupun tugas belajarnya di sekolah. Dengan adanya bimbingan dari orang tua yang penuh dengan kasih sayang maka akan berakibat positif dalam membentuk dan menggairahkan semangat dan minat belajar anak yang nanti dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Rumusan masalah yang diajukan adalah, Bagaimana bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru terhadap anaknya yang bersekolah SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan, bagaimana prestasi belajar PAI siswa-siswi SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan, bagaimana korelasi bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru dengan prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan.tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru terhadap anaknya yang bersekolah SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan, untuk mendeskripsikan prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan, untuk mendeskripsikan korelasi bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru dengan prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalonagan.
Adapun Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa:Bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru pada siswa SD di Desa Lambanggelun dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata angket bimbingan orang tua di Desa Lambanggelun sebesar 75 berada pada interval 75 -77. Kedua prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun sebesar 80 berada pada interval 80 -82.. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara korelasi bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru dengan prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan. Setelah dilakukan penelitian dengan rumus product moment didapatkan hasil rxy= 0,692 dengan N = 42. Pada tingkat signifikan 1% nilai rtabel= 0,393 maka rxy >rtabel. Sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai rtabel= 0,304 makarxy>rtabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara korelasi bimbingan orang tua yang berprofesi sebagai guru dengan prestasi belajar PAI siswa SD di Desa Lambanggelun Paninggaran Pekalongan.
17SK1721098.00 | SK PAI 17.098 ARY k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain