SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MI Islamiyah Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Pendidikan agama pada berbagai jalur pendidikan adalah merupakan hal yang penting karena arah pendidikan agama adalah untuk membina manusia yang mampu melaksanakan ajaran agama Islam dengan baik dan sempurna, sehingga tercermin sikap dan tindakan dalam seluruh kehidupan, dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Salah satu bidang studi pendidikan agama yang diajarkan di Madrasah adalah fiqih. Mata pelajaran fiqih dalam kurikulum MI adalah salah satu bagian pelajaran PAI yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman, dan pembiasaan. Pembelajaran fiqih diarahkan untuk mengantarkan peserta didik dapat memahami hukum Islam dan tatacara pelaksanaanya sehingga menjadi muslim yang selalu taat menjalankan syariat Islam secara sempurna. Metode mengaja rmerupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Jenis dan bentuk mengajar di MI beranekaragam. Termasuk dalam lingkup pembelajaran fiqih. Diantaranya yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan lain-lain. Salah satu yang menarik menurut peneliti adalah metode demonstrasi, dalam kesempatan tersebut siswa dituntut aktif berdemonstrasi tata cara pelaksanaan hukum Islam. Sehingga kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa. Sistem demonstrasi ini sangat mendukung pemahaman siswa.
Dari latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih di MI Islamiyah Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih di MI Islamiyah Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat metode demonstrasi dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih di MI Islamiyah Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Adapun kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah Memperkaya khazanah perpustakaan, sebagai pengetahuan dan pembelajaran tentang pengertian metode demonstrasi serta penerapannya. Sedangkan kegunaan penelitian secara praktis diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dalam penerapan metode demonstrasi agar lebih maksimal.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Kemudian dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang sudah terkumpul dianalisis dan diteliti berdasarkan analisis yang bersifat kualitatif dengan teknik analisis induktif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih di MI Islamiyah Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang berjalan dengan baik, dengan adanya metode demonstrasi siswa dapat memeperagakan tata cara pelaksanaan hukum Islam. Sehingga siswa lebih menghayati dan memahami. Adapun faktor pendukung dan penghambat pelaksanan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih di MI Islamiyah Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukung: 1) Peraturan dari sekolah.2) Kondisi lingkungan yang tenang. 3) Kedisiplinan. 4) Kesadaran peserta didik akan pentingnya metode demonstrasi. 5) Pengawasan dari gurunya. 6) Kondisi rohani yang fress (ceria) dan kondisi jasmani yang prima. 7) Keaktifan, semangat, dan antusias yang tinggi saat demonstrasi. b) Faktor penghambat: 1) Kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya metode demonstrasi. 2) Kurangnya mental dan percaya diri sebagian peserta didik. 3) Tidak menguasai materi.4) Egois dengan diri sendiri, ingin pintar sendiri.4) Keterbatasan waktu.
17SK1721097.00 | SK PAI 17.097 YUN i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain