SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Kitab Qiroati Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Quran di TPQ Nurussalam Salamanis Kadang Panjang Pekalongan
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur manusia, material, fasilitas, lingkungan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan Al-Qur’an adalah kitab suci yang terakhir diturunkan oleh Allah SWT, yang isinya mencakup segala pokok-pokok syariat Islam. Belajar membaca Al-Qur’an adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah baik di lembaga formal maupun lembaga non formal, karena dengan membaca Al-Qur’an akan mendapat pahala atas setiap huruf yang dibacanya. Belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar harus tartil sesuai dengan kaidah-kaidah qiro’at, tajwid dan mengamalkannya. Dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, seorang pengajar harus memiliki metode atau cara dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan karena metode yang digunakan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan membaca Al-Qur’an. Adapun metode pembelajaran yang digunakan untuk mencapai keberhasilan baca-tulis Al-Qur’an di TPQ Nurussalam adalah pembelajaran kitab qiroati, pembelajaran ini langsung mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid untuk mempermudah anak belajar membaca dan menulis Al-Qur’an.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Qiro’ati di TPQ Nurussalam?, bagaimana kemampuan baca-tulis Al-Qur’an para santri di TPQ Nurussalam?, apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran kitab qiroati di TPQ Nurussalam?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Qiro’ati di TPQ Nurussalam, untuk mendeskripsikan apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran kitab qiroati di TPQ Nurussalam, dan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan baca-tulis Al-Qur’an para santri di TPQ Nurussalam. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah Bagi TPQ, dapat dijadikan masukan untuk mendorong semua aktivitas akademika, agar dapat menerapkan pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tajwid dan bacaan yang fasih. Sebagai masukan atau sumbangan pemikiran yang konstruktif dalam usaha pengembangan pembelajaran Qiroati dalam meningkatkan pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an. Serta menambah wawasan dan pengalaman baru yang nantinya dapat dijadikan modal penulis dalam mengatasi pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an sesuai dengan pembelajaran pendidikan agama islam, terutama ketika terjun kedalam suatu lembaga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan jalan memilah dan menelaah data-data yang ada kaitannya dengan permasalahan judul skripsi sehingga akan menghasilkan data analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran kitab qiroati dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah tahap kalasikal, tahap kedua adalah tahap individual. Diantara faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran kitab qiroati adalah adanya media yang sangat membantu proses berjalannya kegiatan belajar. Sedangkan hambatan atau faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran kitab qiroati adalah faktor kedisiplinan santri yang belum bisa mematuhi peraturan baik itu peraturan dari TPQ maupun dari ustadz ustadzah. Untuk hasil kemampuannya antara santri yang satu dengan santri yang lain berbeda. Namun dapat diketahui bahwa sebagian besar santri di TPQ Nurussalam masuk dalam kategori baik dalam penilaian membaca kitab qiroati. Dan sebagian kecil yang lain masuk dalam kategori mengulang atau kurang. Dengan menggunakan metode analisis dari data yang ada, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab qiroati sudah diimplementasikan dengan baik dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an.
17SK1721092.00 | SK PAI 17.092 ILA i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain