SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Reading Aloud Dalam Pembelajaran Membaca Bahasa Arab Kelas IV A di MI Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016
Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mempunyai kemampuan berbeda, khususnya dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Arab pada keterampilan membaca. Bagi peserta didik yang lancar membaca bacaan berbahasa Arab dan memahami isi bacaan berbahasa Arab sangat mudah dalam menerima materi. Namun bagi peserta didik yang kurang lancar ataupun belum bisa membaca bacaan berbahasa Arab sangat kesulitan ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Seorang pendidik dituntut untuk menguasai materi dengan baik sekaligus mampu menyampaikan materi tersebut dengan menggunakan metode yang baik pula. Metode reading aloud membaca dengan melafalkan atau menyuarakan simbol-simbol tertulis berupa kata-kata atau kalimat yang dibaca. Latihan membaca ini lebih cocok diberikan kepada pelajar tingkat pemula. Metode reading aloud memiliki tujuan utama agar para pelajar mampu melafalkan bacaan dengan baik sesuai dengan sistem bunyi dalam bahasa Arab.
Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode reading aloud dalam pembelajaran membaca bahasa Arab di kelas IV A MI Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Pekalongan? 2) Apa kelebihan serta kekurangan metode reading aloud dalam pembelajaran membaca bahasa Arab di kelas IV A MI Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Pekalongan?. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode reading aloud dalam pembelajaran membaca bahasa Arab di kelas IV A MI Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Pekalongan dan apa kelebihan serta kekurangan metode reading aloud dalam pembelajaran membaca bahasa Arab di kelas IV A MI Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Pekalongan. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam kegiatan belajar mengajar serta memperoleh pengalaman dalam penerapan metode pembelajaran yang inovatif dalam mata pelajaran bahasa Arab. Diharapkan agar sekolah dapat mengoptimalkan prestasi peserta didik khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab melalui pembelajaran inovatif dengan menggunakan metode pembelajaran reading aloud.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), karena merupakan penyelidikan mendalam mengenai unit sosial sedemikan rupa, yang mana penelitian ini dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya, sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Analisis datanya menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode reading aloud dalam pembelajaran membaca bahasa Arab Kelas IV A di MI Bustanul Iman Pegandon tahun peljaran 2015/2016 sudah optimal. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan dengan membuat RPP, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembelajaran membaca menggunakan metode reading aloud, dan evaluasi pembelajaran membaca melaui observasi dan soal tertulis. Melalui implementasi metode reading aloud, tujuan pembelajaran membaca dapat tercapai. Kelebihan metode reading aloud adalah melatih kepercayaan diri peserta didik untuk tampil di depan kelas, kesalahan dalam pengucapan dapat segera diperbaiki guru, memperkuat disiplin dalam kelas serta dapat melatih peserta didik untuk menghubungkan lafal dengan tulisan. Sedangkan kekurangan metode reading aloud adalah peserta didik menjadi cepat lelah karena membaca dengan suara keras, tingkat pemahaman reading aloud lebih sedikit dibandingkan membaca diam, dapat menimbulkan kegaduhan dan sebagian peserta didik suaranya tidak dapat menjangkau seluruh kelas.
17SK1721087.00 | SK PAI 17.087 NIK i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain