SKRIPSI PAI
Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 05 Mulyoharjo Pemalang
Pada dasarnya manusia dalam keberlangsungan hidupnya membutuhkan pendidikan, lembaga sekolah adalah salah satu lembaga formal untuk pembelajaran yang terarah, mengembangkan ilmu pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan nilai yang mengantarnya kedewasaan. memilih dan memanfaatkan sumber belajar secara efektif dan efisien sehingga mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SD N 05 Mulyoharjo Pemalang pada tahun ajaran 2015/2016 dengan responden siswa-siswi kelas vi dan v. Penelitian ini menggunakan sampel 36 responden.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu didasarkan pada pemakaian data-data, ada variabel operasionalitas, hipotesis, signifikan, secarastatistik data diperoleh menggunakan sistem kode yang bisa dibuktikan berdasarkan pengukuran variabel-variabel yang dikuantitatifkan. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik statistik deskriptif, analisisregresi linier dan pengujian hipotesis. Statistik deskriptif digunakan untuk membantu menganalisis dan mendeskripsikan data yang terkumpul, sedangkan analisis regresi linier meliputi pengujian terhadap koefisien regresi meliputi menghitung kesalahan standar estimasi, merumuskan hipotesis, menentukannilai t tabel dan membandingkan ttestdengan ttabel.
Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD N 05 Mulyoharjo Pemalang pada uji ttest dilihat dari tingkat signifikansi 1 % adalah 1,3
17SK1721083.00 | SK PAI 17.083 DJU p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain