SKRIPSI PAI
Pengaruh Bimbel Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan
Seiring perkembangan jaman dan teknologi yang semakin cepat, institusi
pendidikan dituntut untuk dapat memberikan sesuatu yang lebih agar menarik
siswa untuk giat belajar, salah satunya adalah peningkatan kualitas guru, dengan
semakin meningkatnya kualitas guru diharapkan dapat meningkatkan mutu
pendidikan di lingkungannya, oleh sebab itu peneliti mengambil judul Pengaruh
Bimbel Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Tahun 2015/2016 di MTs
Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan Tahun 2015/2016.
Berdasarkan diskripsi tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan
sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan bimbel di Mts Wonoyoso Buaran
Pekalongan?, Bagaimana prestasi belajar siswa di Mts Wonoyoso Buaran
Pekalongan?, Bagaimana pengaruh Pelaksanaan Bimbel terhadap prestasi siswa di
Mts Wonoyoso Buaran Pekalongan?. Sedangkan kegunaan penelitian adalah
Sebagai bahan masukan bagi orang tua agar selalu mengawasi, membimbing anak
dalam belajar, berguna bagi perkembangan dan pengetahuan ilmiah dibidang
pendidikan khususnya yang berhubungan dengan pengaruh keaktifan belajar anak,
dan sebagai motivasi dan memperluas khasanah ilmu bagi peneliti dan para
pemerhati pendidikan lainnya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif, yaitu pendekatan yang analisisnya menekankan pada data-data
numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika, sedangkan jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu jenis penulisan
yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu
organisasi, lembaga dan gejala tertentu. Sedangkan analisis datanya menggunakan
rumus regresi linier.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbel di Mts Salafiyah
Wonoyoso Buaran Pekalongan dikategorikan cukup, hal ini berdasarkan hasil
analisis yang menunjukan rata-rata sebesar 61 pada interval 60-63. Sedangkan
prestasi belajar siswa di MTs Salafiyah Wonoyoso dikategorikan baik, hal ini
berdasarkan rata-rata 73 pada tabel interval terletak pada 73-75. Terdapat
pengaruh dari bimbel terhadap prestasi belajar dengan R Square 0,182%
dipengaruhi oleh bimbel sedangkan sisanya 81,8% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.
17SK1721082.00 | SK PAI 17.082 RAH p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain