SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar BTQ Materi Tanda Baca Sukun Dan Tasydid Melalui Media Puzzle Pada Kelas II Semester II SD Negeri 01 Tegalmlati
Definisi belajar adalah aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam
interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam
pengetahuan dan nilai sikap dan perubahan. Dengan pengertian tersebut
memberikan gambaran bahwa siswa agar disebut belajar, semua indera harus
terlibat tidak sekedar mendengarkan keterangan dari penyampain guru namun
siswa harus terlibat secara penuh baik mendengar, melihat dan melakukan kerja
fisik.. Langkah ini akan mudah terwujud apabila menggunakan media.
Penggunaan media salah satunya dengan games puzzle. Pembelajaran BTQ yang
berlangsung di SD Negeri 01 Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten
Pemalang membuat anak kecewa, karena Proses belajar mengajarnya monoton
atau tidak bervariasi. Kurangnya penerimaan materi menyebabkan prestasi siswa
rendah. Dari uraian diatas peneliti mencoba untuk melakukan penelitian tentang
Upaya Meningkatan Hasil Belajar BTQ Materi Tandabaca Sukun dan Tasydid
Melalui Media Puzzle Pada Kelas II Semester II SD Negeri 01 Tegalmlati.
Bertolak dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka rumusan
masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah melalui
penggunaan media puzzle dapat meningkatan hasil belajar BTQ Kelas II SDN 01
Tegalmlati Kec. Petarukan Kab. Pemalang. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan Penggunaan Puzzle terhadap peningkatan hasil belajar
BTQ Kelas II SDN 01 Tegalmlati Kec. Petarukan Kab, Pemalang dan diharapkan
menjadi masukan bagi sekolah untuk menjadi suatu inovasi pembelajaran
khususnya penggunaan media Puzzle.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian tindakan kelas
(classroom action research) dengan jenis pendekatan kualitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 22 siswa. Data yang
digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yang
digunakan yaitu teknik pengolahan data dan analisis data penelitian tindakan
kelas.
Hasil penelitian Upaya Meningkatan Hasil Belajar BTQ Materi Tandabaca
Sukun dan Tasydid Melalui Media Puzzle Pada Kelas II Semester II SD Negeri 01
Tegalmlati dibuktikan dengan tes formatif. nilai rata-rata pada pra siklus adalah
55,90 atau dari 22 siswa hanya 6 siswa (27%) yang nilainya berada diatas KKM
dan 16 siswa (73%) yang nilainya berada dibawah KKM. Kemudian pada siklus I
dengan menggunakan media puzzle nilainya naik cukup tinggi menjadi 6,5 atau
dari 22 siswa 10 siswa (45%) yang nilainya diatas KKM dan 12 siswa (55%)
dibawah KKM, kemudian karena masih banyak siswa yang belum memenuhi
standar KKM yaitu 7,00, maka peneliti melakukan proses pembelajaran pada
siklus II dengan menggunakan media puzzle, dan nilainya menjadi naik dengan
signifikan yaitu 7,9 atau dari 22 siswa, 17 siswa (77%) yang nilainya diatas KKM
dan hanya 5 siswa (23%) yang nilainya dibawah KKM.
17SK1721081.00 | SK PAI 17.081 MUR u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain