SKRIPSI PAI
Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Pada Pembelajaran Al Quran Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta'allimin Pekalongan
Pendidikan Qur’an Hadits merupakan bagian yang integral dari Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolah merupakan proses penyampaian pengetahuan, pendidikan, dan penanaman nilai-nilai Qur’an Hadits pada peserta didik, sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya. Pelajaran Qur’an Hadits memiliki kontribusi yang besar dalam memberikan motivasi kepada para siswa untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman nilai-nilai tersebut merupakan salah satu tujuan yang utama pada proses pembelajaran Qur’an Hadits. Untuk menunjang hal tersebut, maka dalam proses pembelajaran Qur’an Hadits dibutuhkan strategi yang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1. Apa saja Nilai-Nilai Keagamaan yang diajarkan pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin? Dan 2. Bagaimana Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan? Dengan tujuan: 1. Untuk mengetahui nilai-nilai keagamaan yang diajarkan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin, dan 2. Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin. Kegunaan penelitian ini adalah untuk Memberikan kontribusi pemikiran pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam, tentang penanaman nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran Qur’an Hadits, serta dapat menambah literatur secara referensi yang dapat dijadikan bahan informasi bagi mahasiswa yang akan mengambil permasalahan serupa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah model analisis deskriptif (non statistik).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai-nilai keagamaan yang diajarkan pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin ialah: nilai keimanan, nilai Ibadah, nilai akhlak. Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan, adalah dengan menggunakan metode: metode ceramah, metode diskusi., dan metode tanya-jawab. Dari metode pembelajaran tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
17SK1721076.00 | SK PAI 17.076 HUD s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain