SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Pembelajaran Fiqih Materi Puasa Kelas III Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) di MSI 10 Kramatsari
Selama ini pembalajaran fiqih materi puasa kurangmenarik perhatian siswa karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang monoton, membosankan akibatnya perhatian siswa terhadap materi puasa menjadi rendah , semangat belajarnya pun menjadi rendah, hal ini secara otomatis membuat prestasi siswa juga rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang berada dibawah KKM yang ditentukan yaitu 6,0 berjumlah 14 siswa
Oleh karena itu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa guru mencoba untuk menyampaikan materi puasa dengan menggunakan metode Contextual teaching and learning (CTL) dengan harapan bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi puasa.
Dengan penggunaan metode Contextual teaching and learning (CTL) ternyata dapat meningkatkan perhatian ,minat , dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang dicapai pada setiap siklus yang digunakan. Sebelum menggunakan metode Contextual teaching and learning (CTL), guru hanya menggunakan metode ceramah dan hasilnya dibawah dari nilai hasil pada siklus I, kemudian guru menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL), dan dengan menggunakan metode siklus yang pada siklus I siswa yang nilainya dibawah KKM berjumlah 14 anak dibawah KKM yaitu 6,0, kemudian peneliti yang juga merupakan guru kelas III mengadakan penelitian siklus II yang dibawah KKM sejumlah 11 anak. Kemudian peneliti melakukan tes siklus yang ke III tidak ada siswa yang nilainya dibawah KKM yaitu 6,0. Semua siswa pencapaian nilainya diatas 6,0.
Dari penelitian Penggunaan metode Contextual teaching and learning (CTL) untuk materi puasa di MSI 10 Kramatsari terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran. Siswa merasa senang dalam pembelajaran yang berlangsung dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
17SK1721075.00 | SK PAI 17.075 GHO u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain