SKRIPSI PAI
Respon Peserta Didik Terhadap Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Salat di SMP Negeri 1 Batang
Pembelajaran praktik ibadah salat merupakan pembelajaran yang disampaikan oleh guru untuk kelas VII, dalam pembelajaran praktik ibadah salat terdapat tata cara salat yang sesuai dengan ajaran Islam, untuk itu dalam penyampaian materi diperlukan kreativitas seorang guru agar peserta didik dapat memahami materi. Penggunaan media gambar sebagai alat bantu pembelajaran sangat tepat, dengan menggunakan media gambar diharapkan peserta didik jelas dan paham tentang materi tersebut. Dengan menggunakan media gambar diharapkan dapat memicu respon peserta didik untuk mempraktikan ibadah salat tidak hanya di depan kelas saja tetapi dikehidupan sehari-hari.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajaran prktik ibadah salat di SMP Negeri 1 Batang dan apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan media gambar dalam pembelajaran praktik ibadah salat di SMP Negeri 1 Batang, adapun tujuannya untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajarn praktik ibadah salat di SMP Negeri 1 Batang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media gambar dalam pembelajaran praktik ibadah salat di SMP Negeri 1 Batang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan dalam membuat strategi sekolah terutama dalam pembelajaran dan mampu menggunakan sesuai dengan fungsinya yang tepat.
Skripsi ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field reseach) dengan yang peneliti lakukan di SMP Negeri 1 Batang. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dan untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada respon yang baik yang ditunjukan oleh peserta didik dalam pembelajaran praktik ibadah salat yang menggunakan media gambar. Hal ini dilihatkan dengan respon peserta didik terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajaran praktik ibadah salat ditunjukan dengan cara sikap peserta didik terhadap pembelajaran praktik ibadah salat, kesiapan peserta didik untuk menerima pembelajaran praktik ibadah salat, ketenangan saat memperhatikann penjelasan guru mengenai materi praktik ibadah salat, ketekunan peserta didik saat mengamati gerakan-gerakan tata cara praktik ibadah salat, peserta didik dapat mempraktikan gerakan salat. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media gambar dalam pembelajaran praktik ibadah salat di SMP Negeri 1 Batang adalah faktor pendukung yaitu ketersediaan alat LCD proyektor didalam setiap kelas yang memudahkan guru dalam memanfaatkan media yang telah disediakan sekolah untuk pembelajaran praktik ibadah salat, dan faktor penghambat yaitu diperlukan kemampuan guru dalam memberikan penjelasan yang tepat dan menarik kepada peserta didik terkait gambar yang ada sehingga menimbulkan respon yang baik dalam penggunaan media gambar dalam pembelajaran praktik ibadah salat di SMP Negeri 1 Batang.
17SK1721073.00 | SK PAI 17.073 KHO r | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain