SKRIPSI PAI
Implementasi Sekolah Berbasis Pesantren di SMP Darul Ma'arif Banyuputih Kabupaten Batang
Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Implementasi Sekolah Berbasis Pesantren di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Kabupaten Batang dengan alasan bahwa persoalan mendasar yang terjadi hampir merata di dunia pendidikan kaum muslim kontemporer adalah terpisahnya lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki konsentrasi dan orientasi yang berbeda. Ada lembaga yang menitikberatkan orientasinya pada ilmu-ilmu modern dan di sisi lain ada lembaga yang hanya memfokuskan diri pada ilmu-ilmu tradisional, realitas seperti ini dikenal dengan dualisme pendidikan. SMP Darul Ma’arif Banyuputih Kabupaten Batang merupakan salah satu dari 211 sekolah di Indonesia yang menjadi pilot project Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama RI sebagai Sekolah Berbasis Pesantren (SBP), upaya memadukan pendidikan formal dengan pondok pesantren akan menghasilkan sistem pendidikan yang kuat dan lengkap. Pengembangan model sekolah berbasis pesantren merupakan wujud upaya dalam memadukan keunggulan pelaksanaan sistem pendidikan di sekolah dan keunggulan pelaksanaan sistem pendidikan di pondok pesantren.
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini yaitu bagaimana implementasi sekolah Berbasis Pesantren, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi sekolah Berbasis Pesantren, dan untuk mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat implentasi sekolah berbasis pesantren di SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang. Secara teoretis Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mengetahui implementasi sekolah berbasis pesantren, serta dapat menambah pengetahuan tentang keagamaan dan pengetahuan lainya. Adapun Secara praktis penelitian ini agar dapat memberi informasi kepada pembaca tentang pentingnya sekolah berbasis pesantren, memotivasi sekolah untuk menambah wawasan akan bidang keagamaan demi terciptanya pribadi peserta didik yang Islami dan unggul dalam prestasi, dan dapat dijadikan sebagai pedoman dasar serta landasan awal untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan implementasi sekolah berbasis pesantren. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik interview / wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi sekolah berbasis pesantren di SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang yaitu dengan memasukakan kurikulum pesantren kedalam kurikulum sekolah, antara pelajaran umum 50% dan pelajaran pesantrennya 50%. Pelajaran pesantren yang dimasukkan sedalam kurikulum sekolah dengan menggunakan pengkajian kitab kuning, tersedianya pondok pesantren sebagai tempat tinggal peserta didik (santri). Adapun tujuan didirikannya sekolah berbasis pesantren di SMP Darul Ma’arif untuk membekali peserta didik memiliki IMTAQ dan IPTEK secara seimbang. Faktor yang menjadi pendukung implementasi sekolah berbasis pesantren di SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang yaitu adanya kegiatan pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler, kinerja guru yang bagus, adanya peran Kapala Sekolah yang sekaligus berperan sebagai pengasuh pondok pesantren dan adanya asrama pondok pesantren bagi peserta didii sehingga pembelajaran bisa berjalan secara berkesinambungan. Faktor penghambat diantaranya belum 100% peserta didik tinggal di pesantren sehingga materinya ada yang belum tersampaikan, sarana prasana yang belum lengkap, masyarakat di sekitar pondok masih kurang memberi kepercayaan kepada SMP Darul Ma,arif Banyuputih kabupaten Batang.
17SK1721072.00 | SK PAI 17.072 ILL i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain