SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-An dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Siswa di MTs NU Tirto Pekalongan
Pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an atau biasa dikenal dengan pembelajaran Aswaja. merupakan mata pelajaran khusus bagi satuan pendidikan tertentu, oleh karena itu mata pelajaran ini sangat jarang kita temukan di lembaga-lembaga pendidikan secara umum. MTs NU Tirto Pekalongan merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh para ulama di bawah naungan lembaga pendidikan (LP) Ma’arif NU cabang kabupaten pekalongan. Untuk ikut serta mencerdaskan bangsa dan membangun akhlakul karimah. Dewasa ini telah terjadi dekadensi akhlak siswa, tata kesopanan peserta didik yang kurang dan perilakunya tidak sesuai dan bertentangan dengan nilai-nilai moral yang berlaku disekolah. Oleh sebab itu perlu adanya peran aktif dari berbagai kalangan terkait untuk bersama-sama mngentaskan problematika akhlak siswa.
Penelitian ini akan menjawab tiga permasalahan, yaitu sebagai berikut : Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an, Bagaimana pembentukan akhlakul karimah pada siswa, Bagaimana implementasi pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa di MTs NU Tirto Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan wawasan tentang implementasi pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an dalam pembentukan akhlakul karimah.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an di MTs NU Tirto secara garis besar materi yang diajarkan kepada siswa MTs NU Tirto diambil dari buku-buku dan LKS ke-NU-an membahas tentang amalan-amalan yang menjadi tradisi Organisasi Keagamaan Nahdlatul Ulama’. Pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an lebih menitik beratkan pada kepekaan peserta didik terhadap persoalan-persoalan budaya masyarakat di sekitarnya. Pembentukan akhlakul karimahnya dengan memberikan suasana lingkungan sekolah yang kental dan sarat akan kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga siswa terbiasa dan meneladaninya hingga diluar Madrasah. Implementasi pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an di MTs NU Tirto Pekalongan yaitu MTs NU Tirto merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sarat akan nilai-nilai Ahlussunnah wal jamaah dalam membimbing dan mengajar siswanya agar selalu dekat dengan Allah SWT, cinta kepada Rasulullah beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, selalu berpegang kepada Al-Qur’an, Hadits, Ijma’, Qiyas dan mengikuti ulama-ulama terdahulu. Pembelajaran Ke-Nahdlatul Ulama-an di MTs NU Tirto ditekankan agar mengamalkan hal-hal yang sudah menjadi tradisi Ahlussunnah Wal Jama’ah dan bergaul dengan akhlak Ahlussunnah Wal Jama’ah yaitu bergaul dengan akhlakul karimah. Sehingga siswa mampu mengamalkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
17SK1721068.00 | SK PAI 17.068 MIF i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain