SKRIPSI PAI
Perbandingan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni Dengan SMK Negeri 2 Pekalongan
Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Pembelajaran terdiri dari beberapa komponen, antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber/bahan pengajaran, media pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan dan dilaksanakan di sekolah dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X antara SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan sangat berbeda. Hal ini disebabkan karena kemampuan masing-masing sekolah berbeda baik dalam hal sarana dan prasarana serta kemampuan dan pemahaman guru juga berbeda.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni? Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Negeri 2 Pekalongan? Bagaimana perbandingan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni, untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Negeri 2 Pekalongan, untuk mengetahui perbandingan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Kedungwuni meliputi adanya tujuan pembelajaran, adanya kegiatan belajar mengajar (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), sumber belajar yang sesuai, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, penggunaan evaluasi yang sesuai dari masing-masing aspek baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMK Negeri 2 Pekalongan yaitu adanya tujuan pembelajaran, adanya kegiatan belajar mengajar (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), adanya sumber belajar, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, penggunaan evaluasi yang terperinci dari masing-masing aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Perbandingan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan terdapat beberapa persamaan dan perbedaan. Perbedaan dalam sumber belajar yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni menggunakan Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X yang
vii
disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan di SMK Negeri 2 Pekalongan menggunakan Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X yang disusun oleh MGMP PAI SMK. Perbedaan dalam metode pembelajaran yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni menggunakan metode tugas dan resitasi dan di SMK Negeri 2 Pekalongan menggunakan metode match card dan everyone is teacher here. Perbedaan dalam media pembelajaran yaitu penggunaan media kartu yang bertuliskan hukum bacaan di SMK Negeri 2 Pekalongan dan hal ini tidak terdapat di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Perbedaan dalam evaluasi pada aspek psikomotorik yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni dilakukan dengan menulis, membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits dan di SMK Negeri 2 Pekalongan dilakukan dengan membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits.
17SK1721064.00 | SK PAI 17.064 AFI p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain