SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Prestasi Belajar PAI Antara Siswa Yang Mengikuti TPQ dan Siswa yang Tidak Mengikuti TPQ di SMP Negeri 1 Kedungwuni
TPQ merupakan lembaga pendidikan luar sekolah (nonformal) jenis keagamaan yang strategis dalam upaya mencetak dan membina sumber daya yang berkualitas dari segi keimanan, akhlak dan intelektualitasnya.Kehadiran TPQ di masyarakat diharapkan agar anak-anak memiliki pengetahuan agama khususnya agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwid dan makhrajnya. Siswa SMP N 1 Kedungwuni mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.Bagi siswa yang pernah belajar atau yang sedang belajar di TPQ tidak akan mengalami kesulitan dalam mengikuti dan menerima pelajaran PAI, karena di TPQ mereka mempelajari tentang PAI khususnya dalam belajar tentang cara menulis dan membaca Al-Qur’an. Berbeda dengan siswa yang tidak mengikuti TPQ akan sedikit mengalami kesulitan dalam menerima dan mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahBagaimana prestasi belajar PAI kelas VII siswa yang mengikuti TPQ di SMP 1 Kedungwuni.Bagaimana Prestasi belajar PAI kelas VII siswa yang tidak mengikuti TPQ di SMP 1 Kedungwuni. Bagaimana studi komparasi prestasi belajar PAI kelas VII antara siswa yang mengikuti TPQ dan siswa yang tidak mengikuti TPQ di SMP 1 Kedungwuni.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar PAI kelas VII siswa yang mengikuti TPQ di SMP 1 Kedungwuni, untuk mengetahui Prestasi belajar PAI kelas VII siswa yang tidak mengikuti TPQ di SMP 1 Kedungwuni, dan untuk mengetahui bagaimana studi komparasi prestasi belajar PAI kelas VII antara siswa yang mengikuti TPQ dan siswa yang tidak mengikuti TPQ di SMP 1 Kedungwuni. Sedangkan kegunaan penelitian ini yaitu diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan bagi para guru dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam agar sesuai dengan harapan pendidik di SMP Negeri 1 Kedungwuni kabupaten Pekalongan pada khususnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data komparasional test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 253 siswa dengan sampel 25% yang hasilnya 63,25 yang dibulatkan menjadi 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa yang mengikuti TPQ dan 32 siswa yang tidak mengikuti TPQ.
Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar PAI yang signifikanantara siswa yang mengikuti TPQ dan yang tidak mengikuti TPQ di SMP N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rumus tes “t” mendapatkan hasil nilai to = 14,41. Nilai tt pada taraf signifikan 5% = 1.66980 dan nilai tt pada taraf signifikan 1% = 2.38801. Dengan demikian nilai to lebih besar daripada nilai tt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu “terdapat perbedaan prestasi belajar PAI antara siswa yang mengikuti TPQ dan yang tidak mengikuti TPQ” diterima.
17SK1721059.00 | SK PAI 17.059 AUL s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain