SKRIPSI PBA
Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan
vii
ABSTRAK
Awaliyah, Nurul, 2015;Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dr.Sopiah, M. Ag.
Kata kunci : Pembelajaran, Bahasa Arab, SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan.
SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan menggunakan kurikulum yayasan Ma’had. Pembelajaran bahasa Arab di SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan merupakan mata pelajaran wajib yang dimulai sejak kelas satu. Pembelajaran bahasa Arab di sini dibagi menjadi tiga mata pelajaran tersendiri, yaitu qawaid, muthalaah, dan mukhawarah (mukhadatsah). Di SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan materi pembelajaran bahasa Arab menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab.
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana tujuan, materi, metode, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas V SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan? (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab di kelas V SDI 04 Ma’had Islam Pekalongan? Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah (1) Secara ilmiah, penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pemikiran bagi perkembangan dunia pendidikan, khususnya pada pembelajaran bahasa Arab. (2) Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang baik, supaya dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif (kualitatif), dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan mata pelajaran muthala’ah agar siswa dapat membaca dan memahami teks berbahasa Arab perbendaharaan kata yang luas. Mata pelajaran mukhawarah bertujuan agar siswa lancar dalam berdialog bahasa Arab, meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan mendengarkan siswa. Mata pelajaran qawaid agar siswa dapat memahami kaidah-kaidah dalam bahasa Arab. Mata pelajaran mata pelajaran Muthala’ah menggunakan metode: Metode Membaca, Metode Menghafal kosa kata, dan Metode ceramah. Mata pelajaran Mukhawarah menggunakan metode: Muhadatsah dan ceramah. Mata pelajaran qawaid ini menggunakan metode ceramah. Materi dalam mata pelajaran muthala’ah tentang aktivitas sehari-hari. Materi dalam mata pelajaran mukhawarah tentang pakaian dan makanan. Materi dalam mata pelajaran qawaid tentang bentuk waktu (fi’il madhi, fi’il mudhari, fi’il amr). Faktor Pendukung Para siswa telah mempelajari bahasa Arab sejak kecil.
viii
Mayoritas siswa di SDI Ma’had berasal dari keluarga yang mengerti bahasa Arab. Kemampuan guru yang menguasai materi pembelajaran dengan baik. Faktor Penghambat Pemahaman tentang kaidah tata bahasanya. Suasana kelas yang kadang ramai. Para siswi jarang bertanya pada guru.
17SK1722015.00 | SK PBA 17.015 AWA p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain