SKRIPSI PAI
Respon Wali Murid Terhadap Kualifikasi Akademik Guru RA Muslimat NU Kwagen Wonopringgo Pekalongan
Guru merupakan unsur manusia dalam pendidikan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan. Sebagai tenaga pendidik yang berhubungan langsung dengan peserta didik harus memiliki keahlian khusus atau kualifikasi khusus di bidang akademik. Dengan kompetensi yang dimilikinya guru dapat menjalankan tugas dengan baik untuk mencerdaskan peserta didik serta mendapat penilaian yang baik terhadap wali murid. Dalam hal ini masyarakat berperan ganda, di satu sisi mereka adalah pembayar pajak dan menyumbangkan dana untuk pendidikan dan di sisi lain mereka sebagai konsumen guru. Karena itu masyaraka perlu menilai program pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Penilaian masyarakat ataupun orang tua murid tentang pendidikan mempengaruhi perbaikan pendidikan di Indonesia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain:Bagaimana kualifikasi akademik guru RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan?, Bagaimana teknik perekrutan guru RAMuslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan?, Bagaimana respon wali murid terhadap kualifikasi akademik guru RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan?. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui kualifikasi akademik guru RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan, untuk mengetahui teknik perekrutan guru RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan belum sesuai dengan kualifikasi akademik, untuk mengetahui respon wali murid terhadap kualifikasi guru RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan belum sesuai dengan kualifikasi akademik. Kegunaan dari hasil penelitian ini antara lain: secara teoritis diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya mengenai kualifikasi akademik yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, secara praktis diharapkan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak sekolah dalam hal perekrutan seorang pendidik khususnya di RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan karena apapun yang dilaksanakan di sekolah selalu mendapat penilaian dari wali murid.
Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dandokumentasi. Adapun dalam menganalisa data peneliti mengunakan analisis kualitatif.
Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat diketahui hasilnya bahwa: Dari hasil wawancara, dokumentasi serta observasi menunjukan bahwa kualifikasi akademik guru RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan arsip RA Muslimat NU Kwagean dapat diketahui bahwa jumlah pendidik di RA Muslimat NU Kwagean sebanyak 6 orang. Dengan tingkat pendidikan S1 PAI sebanyak 3 orang, S1 PAUD sebanyak 2 orang, dan 1 orang yang hanya lulusan SMA. Jika ditinjau dari segi pendidikan 90% sudah berijasah S1 dan yang 10% masih berijazah SMA. Hal ini berarti guru-guru di RA Muslimat NU Kwagean sudah memenuhi standar kualifikasi akademik yang sesuai dengan peraturan yang ada. Dan untuk teknik perekrutannya di RA Muslimat NU Kwagean Wonopringgo Pekalongan menggunakan 2 cara perekrutan, yaitu cara yang pertama perekrutan oleh kepala sekolah dan cara yang kedua yaitu dari pengurus. Dan untuk respon wali murid terhadap kualifikasi akademik guru RA, mereka berharap semua tenaga pendidik di RA tersebut semuanya berasal dari lulusan S1. Hal ini agar sekolah tersebut bisa lebih maju dan berkembang. Baik dibidang akademik maupun non akademiknya. Dan juga dari tingkat kualifikasi akademik yang berbeda-beda dari masing-masing guru, menurut wali murid sangat berpengaruh terhadap cara mengajar dari guru tersebut.
17SK1721051.00 | SK PAI 17.051 KOM r | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain