SKRIPSI PAI
Pengaruh Variasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa A Kelas V MIS Kertijayan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015
Era globalisasi saat ini, masih saja terdapat siswa tidak bisa memahami, melakukan atau mempraktikkan tentang suatu hal dari materi yang sudah disampaikan oleh gurunya. Padahal, jika dilihat dari kondisi siswanya tidak mengalami adanya kekurangan secara fisiknya. Zaman yang sudah modern ini hendaknya bisa meningkatkan teknis pembelajaran bagi gurunya baik dari segi metode mengajar, gaya mengajar hingga variasi media pembelajaran, sehingga ketercapaian tujuan daripada pendidikan bisa dapat terwujud dengan maksimal. Variasi mengajar merupakan mengajar yang tidak monoton bisa dari gaya mengajar, metode, media, materi dan juga interaksinya. Variasi mengajar sendiri memiliki fungsi yaitu sebagai penarik perhatian siswa dan juga sebagai motivasi ekstrinsik siswa dalam belajar, dan pada akhirnya siswa akan semakin baik hasil belajarnya.
Melihat permasalahan yang sudah dituliskan, disusunlah rumusan masalah dari penelitian ini. Pertama, bagaimana variasi mengajar guru mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Kedua, bagaimana pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Kelas V di MIS Kertijayan Buaran Pekalongan. Ketiga, bagaimana pengaruh variasi mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Kelas V di MIS Kertijayan Buaran Pekalongan. Tentunya hal tersebut juga menjadikan tujuan penulis dalam malakukan penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang penulis lakukan di MIS Kertijayan Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode interview, metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi, serta teknik analisa datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian mengenai “Pengaruh Variasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas V MIS Kertijayan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015” menunjukkan bahwa berdasarkan data lapangan, maka variasi mengajar dapat dikategorikan cukup baik dengan perolehan mean sebesar 51,115 yang berada pada interval 52-50. Berdasarkan data lapangan, hasil belajar siswa dapat dikategorikan baik dengan rata-rata (mean) sebesar 88,92 dan berada pada interval 81-90. Kemudian hasil analisis uji hipotesis, diperoleh F0 = 60,78 > Ft (1,67) = 7,03, maka H0 ditolak. Maka disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Pada tingkat signifikan 5% Nilai F0 = 60,78 > Ft(1,67) = 3,98, maka H0 ditolak. Maka disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
17SK1721047.00 | SK PAI 17.047 ISM p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain