SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SLB Negeri Wiradesa
Setiap manusia berhak memperoleh pendidikan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kekurangan atau kekurangan dari segi fisik, emosional, mental, maupun dari social. Penggunaan metode demonstrasi diharapkan dapat membantu dan memudahkan dalam pembelajaran yang dilaksanakan di SLB Negeri Wiradesa. Sebab dengan kondi yang memiliki kebutuhn khusus, metode ini menjadi alternatif bagi guru untuk mengoptimalkan proses kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah yaitu Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI di SLB Negeri Wiradesa. Bagaimana prestasi belajar siswa di SLB Negeri Wiradesa. Bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar PAI di SLB Negeri Wiradesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI di SLB Negeri Wiradesa. Untuk mengetahui prestasi belajar anak berkebutuhan khusus mata pelajaran PAI di SLB Negeri Wiradesa. Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar PAI anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Wiradesa. Sedangkan kegunaan penelitan adalah memberikan informasi tentang meningkatkan prestasi dengan menggunakan metode demonstrasi.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang mana penelitin ini dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peniliti menggunakan rumus teknik analisis data Regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 20 for windows.
Hasil penelitian dengan jumlah sampel 21 siswa menunjukan bahwa pelaksanaan metode demonstrasi berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dari hasil persentase sebesar 71% berada pada interval 787,5 ≤ skor ≤ 1023,75, yang artinya hasil tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Dan prestasi belajar termasuk kategori sedang, ditandai dengan nilai rata-rata 78,85 dibulatkan menjadi 79, nilai tersebut bearada pada interval 75-79. Adapun pengaruh metode demonstrasi terhadap ptrestasi belajar PAI di kelas IV peneliti menemukan hasil dari SPSS 20 diperoleh kesimpulan thitung 6,857 > ttabel 2,093, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SLB N Wiradesa.
17SK1721150.00 | SK PAI 17.150 MUS p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain