SKRIPSI PAI
Pengaruh Reward Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Untuk memperoleh keberhasilan ketika melakukan sebuah usaha. Maka perlu adanya tindakan yaitu dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Tetapi untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil dari usaha yang diharapkan masih ada kendala yang timbul, baik dari guru maupun dari anak didik.Agar pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan yang dikehendaki semua pihak, maka diperlukan adanya pemberian rewardkepada anak didik karena dengan adanya reward anak didik akan lebih bersemangat atau bergairah dalam mengikuti pembelajaran dan akan menumbuhkan rasa percaya diri.
Dalam penelitian ini, dipaparkan tiga permasalahan antara lain: Bagaimana pemberian reward yang diberikan guru kepada siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Bagaimana rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?Bagaimana pengaruh reward terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah :Untuk mengetahui bagaimana pemberian reward yang dilakukan guru kepada siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui bagaimana rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh reward yang diberikan guru terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisanya pada data-data angka (numerical) yang diperoleh dengan metode angket. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang datanya dari peristiwa atau kejadian yang ada dilapangan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan bersifat kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Pemberian reward yang dilakukan guru kepada siswa SDN Kwagean Wonopringgo kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang pemberian reward dalam proses pembelajaran adalah 55, apabila dimasukkan dalam interval nilai maka terletak pada interval 55 – 56. Kedua, Rasa percaya diri siswa SDN Kwagean Wonopringgo kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran adalah 57, apabila dimasukkan dalam interval nilai maka terletak pada interval 57 – 58. Ketiga,
Adanya pengaruh yang signifikan antara reward dengan rasa percaya diri siswa di
SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan
menguji penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5% table t sebesar 2,042 diperoleh
hasil test t = 3,119 > table t =2,042 dan taraf 1% test t = 3,119 > table t =2,750 maka 0 H
ditolak, Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh yang signifikan antara reward dengan rasa percaya diri siswa kelas IV
dan V SDN di SDN Kwagean Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sehingga
semakin sering guru memberikan reward semakin besar rasa percaya diri siswa
dan demikian pula sebaliknya. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan
dapat diterima kebenarannya.
17SK1721147.00 | SK PAI 17.147 ASY p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain