SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fathu Mekkah (PTK Kelas V II MIN Sugihwarah Pemalang Tahun 2014-2015)
Metode yang digunakan dalam pengajaran khususnya Sejarah Kebudayaan
Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sugihwaras masih sebatas dengan metode
ceramah, tanya jawab dan diskusi. Hal ini bisa dibuktikan bahwa hasil belajar
siswa kelas V di MIN Sugihwaras khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam masih belum behasil. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam
penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat
untuk belajar. Hal ini akan membuat kualitas pembelajaran menjadi rendah, dan
memungkinkan hasil belajar siswa akan menurun. Maka pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MIN Sugihwaras membutuhkan metode Think Pair Share.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang akan dikaji
adalah: 1) Bagaimana penerapan metode TPS ( Think Pair Share ) pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Mekkah kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Sugihwaras Pemalang Semester 2 tahun pelajaran 2014/2015?
2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Sugihwaras Pemalang semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 dengan
menggunakan metode TPS (Think Pair Share) dalam pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam materi Fathu Mekkah?.
Penelitian Tindakan Kelas ini di kerjakan dalam 2 (Dua) siklus. Tiap
siklus terdapat 4 (Empat) tahapan, yaitu : 1) Perencanaan, 2) tindakan, 3)
Observasi, 4) Refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama kurang
lebih 2 (Dua) bulan. Sebelum masuk ke siklus pertama, terlebih dahulu dilakukan
Pretest untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dalam pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam, dan untuk mengetahui kesiapan siswa. Jumlah siswa
kelas V (lima) MIN Sugihwaras Pemalang Tahun Pelajaran 2014-2015 adalah 37
(Tiga Puluh Tujuh Siswa) siswa. Data pada penelitian ini didapatkan dengan cara
pemberian tes secara langsung. Ada 3 (Tiga) instrument tes dalam penelitian ini,
Yaitu : Instrumen Pretest, Instrumen siklus I, dan Instrumen Siklus II.
Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil apabila 85% dari 37
siswa MIN Sugihwaras mendapatkan nilai minimal 75. Dalam Pretest siswa yang
mendapatkan nilai 75 atau lebih dari 75 sebanyak 11 siswa (29,73%), sedangkan
nilai rata-rata siswa dalam Pretest adalah 73,30. Pada siklus pertama jumlah siswa
yang mendapatkan nilai 75 atau lebih dari 75 adalah 31 siswa (83,78%), dan nilai
rata-rata pada siklus pertama yaitu 83,24. Pada siklus ke-dua jumlah murid yang
mendapatkan nilai 75 atau lebih dari 75 sebanyak 37 siswa (100,00%), dan nilai
rata-ratanya 87,56. Berdasarkan hasil yang telah diketahui dapat disimpulkan
bahwa penerapan Think Pair Share dalam proses pengajaran dan pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Mekkah meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas V (lima) MIN Sugihwaras Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang
Tahun Pelajaran 2014-2015.
17SK1721145.00 | SK PAI 17.145 SIS p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain