SKRIPSI PAI
Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V Mata Pelajaran Matematika Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 di Madrasah Salafiah Ibtidaiyah (MSI) Hidayatul Atfal (HIFAL) 01 Banyurip Alit Kota Pekalongan
Bimbingan adalah adalah terjemahan dari istilah Bahasa Inggris yaitu Guidance, kata guidance berasal dari kata kerja to guidance artinya menunjukkan, membimbing, menuntun orang ke jalan yang benar. Sedangkan belajar adalah merupakan cenderung perubahan pada diri manusia yang dapat dipertahankan selama proses pertumbuhan. Jadi bimbingan belajar adalah proses yang berkelanjutan untuk membantu individu yang memerlukan bantuan dalam memecahkan masalah-masalah yang terjadi terutama dalam kesulitan belajar. Tujuan khusus bimbingan adalah membantu kesulitan belajar siswa, terutam pada penelitian ini matappelajaran matematika.
Adapun rumusan masalah yang diajukan penelitian adalah bagaimana bimbingan belajar di desa Banyurip Alit kota Pekalongan?, Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran matematika di MSI Hifal 01 Banyurip Alit kota Pekalongan?, Bagaimana pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika di MSI Hifal 01 Banyurip Alit kota Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan belajar di desa Banyurip Alit kota Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mata pelajaran matematika di MSI Hifal 01 Banyurip Alit kota Pekalongan, untuk mengetahui bagaimna pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika di MSI Hifal 01 Banyurip Alit kota Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah bersifat teoritis dan bersifat praktis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang analisisnya menekankan pada angka-angka (numeric) yang diolah dengan metode statistika, sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi, kuesioner, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Regresi.
Bimbingan belajar siswa di MSI Hifal 01 Banyurip Alit kota Pekalongan pada dasarnya cukup baik. Dari data angket yang disebarkan kepada 72 responden adalah cukup atau sedang dengan rata-rata 59,36 dan intervalnya 50-59. Prestasi belajar siswa kelas IV dan V semester II tahun pelajaran 2014/2015 dilihat dari nilai rapotnya mata pelajaran Matematika adalah cukup atau sedang dengan rata-rata 66,291 dan intervalnya 64-71. Sedangkan pengaruh bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa menunjukkan nilai yang cukup dengan koefisien korelasi 1,585. Pada taraf signifikan 1% telah diketahui ro = 0,0378 sedangkan rt 1 % adalah 0,306, sehingga ro < rt atau (0,0378 < 0,306). Pada taraf 5% diketahui rt = 0, 235 sedangkan ro = 0,0378 sehingga ro < rt atau (0,0378< 0,235).
17SK1721139.00 | SK PAI 17.139 ISM p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain