SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Fiqih di MTs Rifaiyah Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Dalam proses pengajaran, peran guru tidak dapat dikesampingkan, karena belajar itu adalah proses interaksi yang menghasilkan perubahan tingkah laku, guru merupakan salah satu faktor penentu pokok dalam peningkatan mutu pendidikan, oleh karena itu penerapan metode mengajar harus direncanakan sedemikian rupa yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan tingkah laku yang diajarkan guru dalam kehidupan sehari-hari. Metode simulasi merupakan salah satu metode mengajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok. Proses pembelajaran yang menggunakan simulasi cenderung objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, melainkan kegiatan mengajar yang bersifat pura-pura. Dalam pembelajaran, siswa akan dibina kemampuannya berkaitan dengan keterampilan berinteraksi dan berkomunikasi dalam kelompok.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode simulasi di MTs Rifa’iyah Wonokerto? Bagaimana tingkat pemahaman siswa pada materi fiqih di MTs Rifa’iyah Wonokerto?. Tujuan penelitian adalah Untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pelaksanaan penerapan metode simulasi. Untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini berguna untuk menambah wawasan tentang pentingnya penerapan metode pembelajaran bagi dunia pendidikan khususnya metode simulasi dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dan bagi pendidik : hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pengetahuan dalam meningkatkan pemahaman siswa. Bagi Lembaga Pendidikan MTs Rifa’iyah Wonokerto berguna membantu meningkatkan mutu pendidikan dan peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan teknik atau metode mengajar yang baik. Bagi peneliti : Penelitian ini menjadi pengalaman yang pertama dalam melakukan sebuah penelitian.
Jenis penelitian ini adalah Pada penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch), yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gelaja – gejala yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil dari penelitian ini adalah Pembelajaran materi fiqih kelas VII di MTs Rifa’iyah Wonokerto, meliputi : 1. Penerapan metode simulasi di MTs Rifa’iyah Wonokerto, meliputi : kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penutup yang memang sudah disusun secara baik. 2. Tingkat pemahaman siswa di MTs Rifa’iyah Wonokerto melalui model pembelajaran yang selama ini diterapkan disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa cukup baik. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari guru fiqih di MTs Rifa’iyah Wonokerto.
17SK1721135.00 | SK PAI 17.135 FAD p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain