SKRIPSI PAI
Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Kelas V di MI Darussalam Juragan Kandeman Batang Tahun Pelajaran 2014/2015
Secara substansial mata pelajaran fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya. Mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat: Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan social; Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode mind mapping, bagaimanakah prestasi belajar fiqih siswa kelas V dengan menggunakan metode mind mapping di MI Darussalam Juragan Kandeman Batang. Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode mind mapping dan untuk mengetahui prestasi belajar fiqih siswa kelas V dengan menggunakan metode mind mapping di MI Darussalam Juragan Kandeman Batang. Kegunaannya adalah memberikan kontribusi teoritik berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran fiqh serta untuk memperkaya khasanah teoritis di kalangan pelaku pendidikan. Metode penelitian ini yairu Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilaksanakan terhadap 32 siswa kelas V MI Darussalam Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pembelajaran menggunakan metode mind mapping materi makanan dan minuman pada siswa kelas V MI Darussalam Juragan dilaksanakan melalui 2 siklus. Rata-rata nilai siswa pra siklus adalah 64,75 dengan persentase ketuntasan hanya 37,50%. Penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 74,00. Hal ini menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar dibandingkan kondisi siswa pada prasiklus, namun hasil siklus I belum ada ketuntasan belajar secara klasikal. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 68,75%. Pelaksanaan siklus II menunjukkan adanya peningkatan daya serap prestasi belajar siswa. Rata-rata keseluruhan daya serap siswa dalam satu kelas juga sudah di atas KKM, dengan jumlah nilai rata-rata 78,18. Dari 32 siswa, hanya ada 4 anak yang tidak tuntas belajar, dan 28 siswa yang tuntas belajar (87,50%). Dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping cukup berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Darussalam Juragan Kandeman Batang.
17SK1721126.00 | SK PAI 17.126 HAK e | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain