SKRIPSI PAI
Pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTQ) Siswa Kelas X di MAN 3 Pekalongan Tahun 2014-2015
MAN 3 Pekalongan merupakan salah satu sekolahan yang berbasis islami yang dituntut bisa mencetak siswa-siswinya untuk mempunyai kemampuan membaca al-Qur'an lebih baik dibandingkan dengan sekolahan yang lain melalui pembelajaran BTQ yang ada di sekolahnnya. Dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi lembaga-lembaga sekolahan lainnya yang ada di sekitar Pekalongan. Maka seberapa besarkah peran pembelajaran BTQ untuk menciptakan siswa-siswinya mempunyai kemampuan membaca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid yang diajarkannya.
Dalam penelitian ini rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah Bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) siswa MAN 3 Pekalongan kelas X? Bagaimana kemampuan membaca al-Qur'an kelas X di MAN 3 Pekalongan tahun 2014-2015? Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang mempengaruhi pembelajaran al-Qur'an siswa kelas X di MAN 3 Pekalongan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui atau mendeskripsikan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) siswa kelas X, kemampuan membaca al-Qur'an, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja selama pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) kelas X di MAN 3 Pekalongan. Sedangkan kegunaannya yaitu secara teoritis untuk memperkaya khasanah kepustakaan sebagai literatur akademis dan dapat menambah wawasan keilmuan berkenaan pentingnya membaca al-Qur'an dengan baik dan benar, dan secara praktis sebagai bahan masukan peneliti dan para siswa tentang pentingnya kemampuan membaca al-Qur'an sehingga dapat membantu siswa dalam keabsahan ibadah shalat yang dilakukan setiap hari.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menekankan analisisnya pada data deskriptif. Penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an (BTQ) di MAN 3 Pekalongan kelas X sangat efektif untuk memberikan pengetahuan pada siswa agar membaca al-Qurán dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Untuk kemampuan siswa dalam membaca al-Qurán kelas X tergolong baik karena sebagian besar bisa membaca al-Qurán sesuai dengan ilmu tajwid seperti makhroj dam hukum bacaannya. Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran al-Qurán terdiri dari dua jenis faktor yaitu pertama faktor intern seperti faktor kemauan serta minat membaca al-Qurán dan menyukai belajar al-Qurán. Yang kedua faktor ekstern berupa motivasi dari orang tua, kebiasaan mengikuti TPQ di rumah, dan sarana prasarana yang ada di sekolah maupun di rumah.
17SK1721124.00 | SK PAI 17.124 SUG p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain