SKRIPSI EKOS
Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdapat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2010-2014
Keywords : Profitabilitas, Kebijakan dividen, Leverage, Investment Opportunity Set, Corporate Social Responsibility dan Nilai perusahaan.
Nilai perusahaan yang tinggi dapat meningkatkan kemakmuran para pemegang saham. Nilai perusahaan sangat penting karena dapat mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan dan menjadi daya tarik para investor untuk menanamkan modalnya. Penilaian investor terhadap perusahaan akan tercermin dari harga pasar sahamnya karena penilaian investor terhadap perusahaan dapat diamati melalui pergerakan harga saham. Pada umumnya faktor keuangan merupakan faktor utama yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu, ROE, DPR, DER, dan IOS. Namun selain faktor keuangan, faktor non keuangan juga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang berdampak terhadap nilai perusahaan dimata investor yaitu Corporate Social Responsibility.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen, leverage, Investment Opportunity Set dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index baik secara parsial maupun simultan. Sampel yang digunakan berjumlah 11 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan waktu pengamatan selama 5 tahun yaitu dari 2010-2014. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara parsial dari kelima variabel independen yang memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen (nilai perusahaan) adalah variabel Kebijakan dividen dengan nilai signifikansi 0.044, leverage dengan nilai signifikansi 0.00, Investment 0pportunity Set dengan nilai signifikansi 0.00 dan Corporate Social Responsibility berpengaruh dengan nilai signifikansi 0.042, sedangkan profitabilitas tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0.719 lebih besar dari 5%. Dari uji F diketahui bahwa secara simultan kelima variabel independen, yaitu profitabilitas, kebijakan dividen, leverage, Investment Opportunity Set dan Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan nilai Fhitung 151.305 dengan signifikansi 0.000. Hasil uji koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R sebesar 0.933 menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, kebijakan dividen, leverage, Investment Opportunity Set dan Corporate Social Responsibility dapat menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 93,3%, sedangkan sisanya 6,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model
16SK1613044.00 | SK EKOS 16.044 AST a | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain