SKRIPSI PAI
Menanamkan Kesadaran Anak Dalam Membaca Alquran Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Gemar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor Kota Pekalongan
viii
ABSTRAK
Syarifah, Naila. 2015. Menanaman Kesadaran Anak Dalam Membaca Alquran Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Gemar Mengaji (Gerakan Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor Kota Pekalongan. Jurusan/ Program Studi: Tarbiyah/ S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. H. Ismail, M. Ag.
Membaca Alquran merupakan adalah suatu amalan agama islam yang bernilai ibadah. Adapun waktu yang baik dalam membaca Alquran di luar shalat adalah salah satunya antara waktu maghrib dan isya. Salah satu ibadah kepada Allah ini harus dibiasakan agar menjadi suatu kebiasaan yang baik, salah satunya dengan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) untuk anak-anak. Dengan kegiatan ini anak-anak akan bertambah amaliah-amaliah agama islam dan memiliki kesaadaran dan juga terbiasa membaca Alquran di rumah terutama pada waktu maghrib.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor? Bagaimana menanamkan kesadaran anak dalam membaca Alquran di Kelurahan Kuripan Lor? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kesadaran anak dalam membaca Alquran dalam pembiasaan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor?. Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor, untuk menanamkan kesadaran anak dalam membaca Alquran di Kelurahan Kuripan Lor, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor. Keguanaan Penelitian untuk ini untuk agar anak memiliki kebiasaan membaca Alquran dengan baik di rumah.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan Dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan pertama: pelaksanaan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor sudah baik dilihat dari banyaknya tempat yang menyelenggarakan kegiatan kegamaan ini. Kedua, cara menanamkan kesadaran anak membaca Alquran anak di Kelurahan Kuripan Lor yakni membiasakan anak membaca Alquran, mrngikuti kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji, pemberian contoh/teladan, penyelenggaraan Gemmar Mengaji di Kelurahan Kuripan Lor. Ketiga, faktor yang
viii
mendukung dalam menanamkan kesadaran anak dalam membaca Alquran melalui pembiasaan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji) di Kelurahan Kuripan Lor yakni: adanya semangat atau motivasi pada anak untuk melaksanakan amaliah islam, perhatian dari orang tua Kelurahan kuripan Lor untuk mendampingi anak-anaknya dalam pembiasaan kegiatan keagamaan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji), banyaknya tempat yang menyelenggarakan tempat ngaji untuk kegiatan Gemmar Mengaji (Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji). Sedangkan faktor penghambat, antara lain: kurangnya perhatian dari pemerintah, banyaknya kegiatan anak di rumah, teman sepermainan.
17SK1721043.00 | SK PAI 17.043 SYA m | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain