SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Proses dan Prestasi Belajar Antara Siswa-Santri dan Non Santri pada Mata Pelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015
vii
ABSTRAK
Irkham, M. 2021110312. 2015. Studi Komparasi Proses dan Pretasi Belajar antara Siswa-Santri dan Non Santri pada Mata Pelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan . Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan.
Pembimbing : Ely Mufidah, M.S.I.
Kata Kunci : Komparasi, Proses dan Prestasi Belajar
Sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang siswa nya berasal latar belakang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah siswa-santri atau siswa yang masih bermukim di pondok pesantren, artinya siswa yang mengenyam pendidikan sekolah sekaligus menjadi santri di pondok pesantren. Hal ini bisa kita jumpai di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan yang banyak dari siswanya merupakan santri dari Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Pekalongan yang masih satu yayasan. Siswa-santri dengan siswa-non santri tentunya memiliki perbedaan dalam hal proses belajar maupun prestasi belajar. Karena yang terpenting dari sebuah pencapaian belajar bukan hanya pada nilai raport yang tinggi tetapi juga proses belajar yang baik. Sehingga dari penelitian ini dapat diketahui apakah proses belajar siswa berbanding lurus dengan prestasi belajarnya.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan prestasi belajar siswa-santri pada mata pelajaran PAI, bagaimana proses dan prestasi belajar siswa-non santri pada mata pelajaran PAI, dan bagaimana komparasi (perbandingan) proses dan prestasi belajar antara siswa santri dan siswa-non santri pada mata pelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research). Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Ada dua variabel yaitu siswa-santri dan siswa-non santri. Populasinya adalah siswa SMK Syafi’i Akrom kelas X, XI dan XII tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel yang digunakan 25 siswa-santri dan 25 siswa-non santri. Menggunakan metode pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode statistik “t” tes atau uji “t”.
Berdasarkan hasil penelitian, proses belajar siswa-santri lebih tinggi (lebih baik) dibandingkan siswa-non santri, dari hasil penghitungan diperoleh nilai to (thitung) sebesar 3,068. Sedangkan statistik tabel data dicari pada tabel t : tingkat signifikan (a) adalah 5% atau tingkat kepercayaan 95% dengan df (degrees of freedom) atau derajat kebebasan adalah (N1 + N2) – 2 atau (25 + 25) – 2 = 48. Dari tabel t, didapat angka = 2,021. Karena to 3,068 > ttabel 2,021, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara proses belajar mata pelajaran PAI siswa-santri dengan siswa-non santri. Begitu pula dalam hal prestasi belajar, terdapat perbedaan yang signifikan. dari hasil penghitungan diperoleh nilai to sebesar 2.536. Oleh karena to 2.536 > ttabel 2,021, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa-santri dengan siswa-non santri di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa-santri dan siswa-non santri pada mata pelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa-santri dan siswa-non santri pada mata pelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan.
17SK1721041.00 | SK PAI 17.041 IRK s | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain