SKRIPSI PBA
Pembelajaran Kitab Ilmu Sharaf Karangan Ahsan Sholeh dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah di Ma’had Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang, Sampangan Pekalongan
vii
ABSTRAK
Suhairi. 2016 Pembelajaran Sharaf dengan Kitab Ilmu Sharaf Karangan Ahsan Sholeh dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah di Ma’had Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang, Sampangan Pekalongan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah Pendidikan Bahasa Arab, STAIN Pekalongan, Pembimbing I: H.Khoirul Basyar, M.S.I, pembimbing II: Abdul Basith, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Ilmu Sharaf, Maharah Qirā’ah.
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang sangat besar manfaatnya bagi umat manusia, Salah satu yang merasakan peran dari bahasa Arab adalah lembaga pendidikan non formal di Indonesia yaitu pondok pesantren. Disana, proses belajar mengajar dilakukan dengan bahasa Arab. Ilmu sharaf merupakan kunci yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Arab, muncul ungkapan: Ilmu sharaf adalah induk segala ilmu dan ilmu nahwu adalah bapaknya, dan kitab yang digunakan ustadz dalam mengajarkan Ilmu Sharaf kepada santri dalam meningkatkan maharah qirā’ah di pondok pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan adalah kitab “Ilmu Sharaf” karangan Ahsan Sholeh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran sharaf dengan kitab Ilmu Sharaf karangan Ahsan Sholeh dalam meningkatkan maharah qira’ah di pondok pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Sharaf dengan kitab Ilmu Sharaf karangan Ahsan Sholeh dalam meningkatkan maharah qira’ah di pondok pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan penerapan dan metode pembelajaran sharaf dengan kitab Ilmu Sharaf karangan Ahsan Sholeh dalam meningkatkan maharah qira’ah di pondok pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan. Dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Sharaf dengan kitab Ilmu Sharof karangan Ahsan Sholeh dalam meningkatkan maharah qira’ah di pondok pesantren Al-Masyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas rumusan masalah. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:
Penerapan pembelajaran Sharaf dengan Kitab Ilmu Sharaf di Ma’had Al-Msyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan meliputi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi.Tujuan pembelajaran sharaf dalam meningkat maharah qiraah adalah: Membaca bahan pelajaran dengan makhraj dan intonasi
viii
yang baik dan benar, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kandungan bahan qirā’ah, memahami informasi yang dinyatakan dalam bentukwacana tulis, memahami teks dalam dan makna bacaan, agar siswa terlatih memahami teks secara mandiri, memahami hubungan dalam dalam kalimat, antar kalimat, antar paragraph, menginterpretasi bacaan, mengidentifikasi informasi penting dalam bacaan, membedakan antara gagasan utama dan gagasan penunjang, menentukan hal-hal penting untuk dijadikan rangkuman. Metode yang diterapkan pada pembelajaran sharaf dengan kitab ilmu sharaf dalam meningkatkan maharah qirā’ah adalah: Metode Driil, dan Translating method (metode menerjemahkan). Dengan pembelajaran tersebut, sudah dapat meningkatkan maharah qira’ah karena santri bisa membaca dengan mengetahuai tanda baca, dan kaidah sharafnya.Faktor Pendukung Pembelajaran Sharaf Dengan Kitab Ilmu Sharaf di Ma’had Al-Msyhad Manbaul Falah Wali Sampang Sampangan Pekalongan adalah: Adanya semangat yang tinggi dari ustadz yang mengajarkan sharaf, Pengalaman ustadz yang sudah lama mengajar, Adanya kemampuan dan motivasi santri, Adanya materi atau pelajaran lain yang dpat dikaitkan dengan sharaf. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Santri yang beragam, Kemampan santri beragam, Keterbatasan waktu, Keterbatasan fasilitas di ruang belajar, Datang tidak tepat waktu, dan Sering izin (pulang).
17SK1722002.00 | SK PBA 17.002 SUH p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain