SKRIPSI PAI
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Model Brebes 02
Pembelajaran PAI di SD Negeri Brebes 02 dianggap kurang penting oleh peserta didik dibanding mata pelajaran umum,terutama pada mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional( UN). Untuk itu, penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan oleh guru. Model pembelajaran STAD(StudentTeam Achievement Divisions) dipandang sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik. Model Pembelajaran ini dengan menggunakan kelompok kecil secara heterogen yang diawali dengan penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok.
Dari uraian diatas, maka penulis mengemukakan beberapa rumusan masalah dari skripsi ini yaitu; bagaimana penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran PAI bagi siswa kelas V di SDN Brebes 02; bagaimana prestasi belajar PAI siswa dan bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V di SDN Brebes 02. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran PAI, mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, dan pengaruh model pembelajaran STAD Terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Brebes 02. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan memberikan perbaikan penggunaan model pembelajaran agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.Serta guru dapat memperoleh pemahaman tentang penerapan pembelajaran model STAD dan pengaruhnya bagi prestasi belajar siswa.
Metode Penelitian yang digunakan penulis yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif,dengan jenis penelitian lapangan (field research) Penulis menggunakan observasi, dokumentasi dan angket sebagai metode pengumpulan data. Penulis melakukan 3 tahapan untuk menganalisis data yaitu; analisis pendahuluan yaitu mengelompokan dan memasukan data yang telah terkumpul kedalam tabel distribusi frekuensi,selanjutnya analisis uji hipotesis dan analisis lanjut.
Setelah melakukan penelitian dengan metode seperti yang telah dijelaskan, penulis mendapakan hasil penelitian sebagai berikut; Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil bahwa Ttest >Ttable yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Brebes 02. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 16 diperoleh nilai koefisien determinasi(R2) 0,237 yang artinya pengaruh yang diberikan variabel X terhadap variabel Y sebesar 23,7%. .
17SK1721116.00 | SK PAI 17.116 PRA p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain